Dinda Pramesi Febriani, 071311133115 (2019) STUDI TENTANG DAMPAK PERUBAHAN KEBIJAKAN ANGKUTAN UMUM KONVENSIONAL KE ANGKUTAN UMUM ONLINE TERHADAP KEADAAN SOSIAL EKONOMI DRIVER ONLINE DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
Fis. AN. 75-19 Feb s abstrak.pdf Download (41kB) |
|
Text
Fis. AN. 75-19 Feb s daftar isi.pdf Download (41kB) |
|
Text
Fis. AN. 75-19 Feb s daftar pustaka.pdf Download (32kB) |
|
Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 75-19 Feb s.pdf Restricted to Registered users only until 23 October 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami isi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus di Kota Surabaya dan mengetahui instrument kebijakan Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus di Kota Surabaya. Permasalahan yang terjadi terkait dengan tidak adanya penegakan regulasi yang ada dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018. Regulasi tersebut dibuat untuk melindungi kepentingan driver online, penyedia jasa, dan pelanggan. Agar mendapatkan kepastian hukum terhadap aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan menampung perkembangan sesuai kebutuhan masyarakat dalam penyelenggaraan angkutan umum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menggali secara mendalam mengenai dampak perubahan kebijakan angkutan umum konvensional ke angkutan umum online terhadap pendapatan driver online di Kota Surabaya. Teknik pemeriksaan keabsahan data adalah triangulasi data. Selanjutnya teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa instrumen kebijakan penyelenggaraan angkutan sewa khusus di Kota Surabaya belum berjalan sepenuhnya. Hal tersebut tercantum dari kepatuhan kelompok sasaran, pelaksanaan pengawasan penegakan regulasi, dan peningkatan pendapatan yang membuat kesejahteraan ekonomi. Perubahan kebijakan penyelenggaraan angkutan sewa khusus memberikan dampak yang baik bagi perekonomian driver online di Kota Surabaya. Pendapatan driver naik antara 5-15 % dari sebelumnya. Beberapa driver sudah mulai merasakan kenaikannya. Kenaikan tarif memang dibutuhkan karena kebutuhan hidup juga semakin besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS AN 75/19 Feb s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | dampak, transportasi umum, kebijakan | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K4011-4343 Transportation and communication | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2019 06:28 | ||||||
Last Modified: | 18 Dec 2019 04:05 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89842 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |