The Construction Of A Hero In Nico Di Angelo The Son Of Hades Character In Rick Riordan’s The Heroes Of Olympus: An Archetypal Criticism

Musdalifah Aizawa (2019) The Construction Of A Hero In Nico Di Angelo The Son Of Hades Character In Rick Riordan’s The Heroes Of Olympus: An Archetypal Criticism. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS. BE. 72-19 Aiz c abstrak.pdf

Download (626kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FS. BE. 72-19 Aiz c daftar isi.pdf

Download (570kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FS. BE. 72-19 Aiz c daftar pustaka.pdf

Download (640kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, penggambaran seorang pahlawan menjadi tema utama dari banyak karya sastra seperti novel. Sosok pahlawan acap kali diperankan oleh karakter utama sehingga peran karakter pendukung selalu dibayangi oleh kehadiran karakter utama. Studi ini mencoba mengungkap bagaimana konstruksi penggambaran seorang pahlawan dalam seri The Heroes of Olympus oleh Rick Riordan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penggambaran seorang pahlawan yang dibangun pada zaman modern para dewa Yunani dan Romawi di dalam seri tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode analisis, penelitian ini berfokus pada transformasi potret kepahlawanan yang diperankan oleh karakter Nico Di Angelo di dalam seri melalui Hero's Journey oleh Joseph Campbell. Dengan mengaplikasikan hero’s journey, studi ini mempunyai tujuan untuk meneliti apakah karakter tersebut mengikuti setiap perjalanan dan peristiwa peristiwa transformatif atau adanya kemungkinan perkembangan yang diterjadi dalam perjalanan sang pahlawan. Metode analisis dalam studi ini mengaplikasikan kritik arketipe yang di konstruksikan oleh Carl Jung. Konstruksi yang terjadi pada perjalanan Nico Di Angelo, menjadikan ia sebagai pahlawan meski bukan bagian dari tujuh manusia setengah dewa yang terpilih. Studi ini mengungkapkan bahwa seorang pahlawan tidak harus menjadi karakter utama dan mengikuti urutan hero’s journey. Studi ini juga menyatakan bahwa perkembagan dari perjalanan pahlawan yang di usung Joseph Campbell menjadikan Nico Di Angelo sebagai pahlwan Olympus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BE.72/19 Aiz c
Uncontrolled Keywords: Kritik Arketipe, Mitologi Yunani, Pahlawan, Pola Dasar, Perjalanan Pahlawan
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Musdalifah AizawaNIM121511233083
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAmir FatahNIDN0019015502
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 18 May 2021 06:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91022
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item