YOHANA NENSY LASAMAHU, 101511133182 (2019) PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “TABLET TAMBAH DARAH (TTD)” TERHADAP NIAT MENCEGAH ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 10 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FKM 284 19 Las p.pdf Download (34kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FKM 284 19 Las p.pdf Download (76kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FKM 284 19 Las p.pdf Download (61kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FKM 284 19 Las p.pdf Restricted to Registered users only until 26 November 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Remaja putri termasuk dalam kelompok yang rentan terhadap anemia. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah anemia. Salah satunya yaitu promosi kesehatan melalui media iklan layanan masyarakat terkait pencegahan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pengetahuan, sikap, persepsi dan niat remaja putri sebelum dan sesudah terpapar media iklan layanan masyarakat “Tablet Tambah Darah”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Subjek penelitian ini terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok ekseperimen dan kelompok kontrol. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini yaitu menonton Iklan Layanan Masyarakat “Tablet Tambah Darah Versi Selfie” (kelompok eksperimen) dan Video “Sehat, Cerdas, dan Cantik Tanpa Anemia” (kelompok kontrol). Pengumpulan data hasil penelitian menggunakan kuesioner dengan subjek penelitian berjumlah 60 subjek. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya perbedaan pengetahuan (p=0,00), sikap (p= 0,042), persepsi (p= 0,00) dan niat (p= 0,006) siswi sesudah menonton iklan pada kelompok eksperimen. Terdapat perbedaan pengetahuan siswi sesudah menonton iklan pada kelompok kontrol (p= 0,00). Namun, perbedaan sikap (p= 0,469), persepsi (p= 0,121) dan niat (p= 0,071) siswi tidak terjadi pada kelompok kontrol walaupun sudah menonton media iklan. Namun, terdapat perbedaan sikap, persepsi dan niat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebagian besar responden memberikan nilai cukup terhadap pesan iklan pada kelompok eksperimen. Sedangkan pada kelompok kontrol, sebagian besar responden memberikan baik terhadap pesan iklan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM 284/19 Las p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Iklan Layanan Masyarakat, Niat, Pencegahan, Anemia, Remaja Putri | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | ||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2019 05:52 | ||||||
Last Modified: | 26 Nov 2019 05:52 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91517 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |