Eka Khusniatuz Zahro, 071511633021 (2019) “KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN USAHA PADA KALANGAN PELAKU USAHA SKALA KECIL DI KOTA SURABAYA”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text
FIS IIP 99 19 Zah k ABSTRAK.pdf Download (37kB) |
|
Text
FIS IIP 99 19 Zah k DAFTAR ISI.pdf Download (38kB) |
|
Text
FIS IIP 99 19 Zah k DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
|
Text
FIS IIP 99 19 Zah k Jurnal NIA.pdf Download (217kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FIS IIP 99 19 Zah k.pdf Restricted to Registered users only until 28 November 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaku usaha di tuntut untuk memiliki kemampuan menerima sebuah informasi dan juga diimbangi dengan kemampuan untuk menelusur dan mengidentifikasi informasi yang diterima terutama dalam bentuk digital atau yang disebut dengan kemampuan literasi digital. Kota Surabaya menjadi salah satu kota yang berpotensi menghasilkan sebuah produk atau usaha untuk membantu perekonomian masyarakat. Terbukti dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota Surabaya saat ini mendapat perhatian khusus oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dimana kota Surabaya menjadi salah satu wilayah dengan jumlah UMKM yang tinggi yaitu mencapai 260 ribu lebih pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kondisi kemampuan pelaku usaha skala kecil di kota Surabaya dalam menggunakan media digital pada sebagian pelaku usaha di Kota Surabaya saat ini lebih condong di kelompokkan ke dalam kelompok early majority dan masih melakukan pemasaran usaha dalam bentuk offline. Melihat kondisi tersebut, maka di perlukan kemampuan literasi digital bagi setiap individu sebagai pelaku usaha agar dapat dengan mudah dalam mencari, menemukan, memanfaatkan dan menggunakan teknologi informasi. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitaif deskriptif dan metode pengumpulan sampel yang digunakan ialah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 104. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi digital pada pelaku usaha skala kecil di Kota Surabaya dalam kategori sangat tinggi. Terdapat dampak positif kemampuan pemasaran online terhadap omset penjualan dalam satu bulan dan dampak positif intensitas mengikuti forum di media sosial dengan laba bersih dalam satu tahun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS IIP 99/19 Zah k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Pelaku Usaha, Keuntungan Usaha | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2019 04:22 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2019 04:22 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91652 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |