Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

Kristiana Kurniasari (2019) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK A.389-19 Kur p.pdf

Download (394kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI A.389-19 Kur p.pdf

Download (584kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA A.389-19 Kur p.pdf

Download (477kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT A.389-19 Kur p.pdf
Restricted to Registered users only until 2 December 2022.

Download (746kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu bentuk pertanggung jawaban perusahaan dalam memperbaiki kesenjangan sosial maupun kerusakan lingkungan yang terjadi akibat dari aktivitas operasional perusaahaan. Kinerja perusahaan dapat diukur dengan menggunakan profitabilitas perusahaan. Peningkatan profitabilitas perusahaan membutuhkan penerapan pengelolaan perusahaan maka perusahaan tersebut harus mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG). Semakin baik GCG yang dimiliki perusahaan maka akan semakin meningkat tingkat profitabilitas. Penelitian dengan judul “Pengaruh Pengungkapan CSR dan GCG Pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening”, memiliki rumusan masalah apakah pengungkapan CSR dan GCG berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh bukti empiris adanya pengaruh pengungkapan CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas sebagai variabel interveningnya. Pada penelitian ini menggunakan metodologi pnelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 289 perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2017. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan berasal dari data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan periode 2015-2017 di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menggambarkan data dan sampel. Uji persyaratan analisis menggunakan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk menguji hipotesis penelitian. Besarnya pengaruh hubungan antar variabel dengan uji validitas model dalam penelitian ini menggunakan uji regresi secara bertahap dan uji koefisien determinasi atau disebut uji ketepatan parameter (R2). Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance berpengaruh terhadap profitabilitas, Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas menjadi variabel intervening pada hubungan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan. Semakin baik pengungkapan dan penerapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance maka semakin tinggi profitabilitas yang akan berdampak pada tingginya nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.A.389/19 Kur p
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Profitabilitas,Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Kristiana KurniasariNIM041311333090
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYustrida BernawatiNIDN0030046504
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:36
Last Modified: 31 Jan 2020 03:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91841
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item