TERAPI LOW BACK PAIN DENGAN AKUPRESUR DAN PIJAT SWEDIA SERTA HERBAL DAUN SRIGADING (Nyctanthes arbor-tristis Linn)

TANTI DIYAH NOVITASARI, 151610413033 (2019) TERAPI LOW BACK PAIN DENGAN AKUPRESUR DAN PIJAT SWEDIA SERTA HERBAL DAUN SRIGADING (Nyctanthes arbor-tristis Linn). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FV.PT 23 19 Nov t ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text
FV.PT 23 19 Nov t DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
FV.PT 23 19 Nov t DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.PT 23 19 Nov t.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

akan pada punggung bagian bawah, bukan merupakan penyakit ataupun diagnosis untuk suatu penyakit namun merupakan istilah untuk nyeri yang dirasakan di area anatomi yang terkena dengan berbagai variasi lama terjadinya nyeri. Nyeri ini terasa diantara sudut iga terbawah sampai lipat pantat bawah yaitu di daerah lumbal atau lumbo-sakral, nyeri dapat menjalar hingga ke arah tungkai dan kaki. LBP di Indonesia lebih banyak dijumpai pada golongan usia 40 tahun. Secara keseluruhan, LBP merupakan keluhan yang paling banyak dijumpai dengan angka prevalensi mencapai 49%. Akan tetapi, sekitar 80-90% dari mereka yang mengalami LBP menyatakan tidak melakukan pengobatan untuk mengatasi timbulnya gejala nyeri. Dengan kata lain, hanya sekitar 10-20% dari mereka yang mencari perawatan medis ke pelayanan kesehatan untuk upaya penyembuhan. Menurut teori TCM, LBP yang diakibatkan oleh sindrom defisiensi Yin ginjal disebabkan karena kebiasaan makan makanan pedas sehingga terjadi panas pada lambung yang dapat mengganggu fungsi transformasi dan transportasi limpa. Di samping itu pasien juga sering naik turun tangga berkali kali dan duduk selama kurang lebih 7 jam karena tuntutan pekerjaan maka dapat melukai ginjal kandung kemih sehingga Qi ginjal lemah. Organ lambung yang ekses dan organ limpa yang defisiensi (unsur tanah) tidak dapat membatasi organ ginjal sehingga menyebabkan defisiensi Yin ginjal sehingga dapat mengakibatkan LBP. Penanganan yang dilakukan pada penderita LBP yaitu terapi pijat dan akupresur serta terapi herbal. Terapi akupresur dilakukan pada titik Shenshu (BL23), Weizhong (BL40), Taixi (KI3), dan Neiting (ST44) sebanyak 15 kali yang dilakukan dalam 2 hari sekali. Serta terapi herbal selama 29 hari dengan rentan waktu yang berbeda dengan menggunakan infusa daun srigading (Nyctanthes arbor-tristis Linn) dengan dosis 1 gram dalam 250 ml air diminum sehari 2 kali setelah makan. Hasil dari penanganan LBP dapat disimpulkan bahwa terapi kombinasi pijat Swedia dan akupresur pada titik Shenshu (BL23), Weizhong (BL40), Taixi (KI3), dan Neiting (ST44) serta pemberian herbal srigading (Nyctanthes arbortristis Linn) dapat mengurangi LBP. Pasien merasa lebih nyaman, dan rasa nyeri berkurang

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.PT 23/19 Nov t
Uncontrolled Keywords: TERAPI LOW BACK PAIN DENGAN AKUPRESUR DAN PIJAT SWEDIA SERTA HERBAL DAUN SRIGADING (Nyctanthes arbor-tristis Linn)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
TANTI DIYAH NOVITASARI, 151610413033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Sri Agus Sudjarwo, drh., Ph.D., NIDN :'0004095603UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 10 Dec 2019 08:37
Last Modified: 10 Dec 2019 08:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item