PENGARUH PSIKOEDUKASI AUDIOVISUAL BERBASIS IMPLEMENTATION INTENTION TERHADAP NIAT DAN PERILAKU KEPATUHAN PASIEN TUBERKULOSIS

ANITA DEWI ANGGRAINI (2019) PENGARUH PSIKOEDUKASI AUDIOVISUAL BERBASIS IMPLEMENTATION INTENTION TERHADAP NIAT DAN PERILAKU KEPATUHAN PASIEN TUBERKULOSIS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.19-19 Ang p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Penularan penyakit, kegagalan pengobatan, dan resistensi obat merupakan masalah yang terjadi akibat ketidakpatuhan. Salah satu faktor penyebab ketidakpatuhan adalah masalah psikologis yang berkepanjangan dan kurangnya komitmen niat pasien untuk melakukan pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh psikoedukasi audio visual berbasis implementation intention terhadap niat dan perilaku kepatuhan pengobatan pasien TB. Metode: Desain penelitian adalah quasy experiment dengan pre – post control group design. Tujuh puluh dua pasien TB dengan pengobatan kategori 1 fase intensif yang diperoleh dengan tehnik simple random sampling bagi menjadi 2 kelompok intervensi(n=36) dan kontrol (n=36) dilibatkan dalam penelitian ini. Variabel independen adalah psikoedukasi audiovisual berbasis implementation intention, variabel dependen adalah niat dan perilaku kepatuhan. Niat patuh minum obat dinilai dengan menggunakan kuesioner niat yang dimodifikasi dari penelitian Sari, perilaku kepatuhan minum obat dinilai menggunakan kuesioner Morisky Medication Adherence Scale (MMAS-8), perilaku kepatuhan pencegahan penularan dan nutrisi dinilai menggunakan kuesioner dari penelitian Sukartini. Tehnik analisis data dengan Wilcoxon sign rank test dan Mann Whitney test. Hasil: Setelah dilakukan intervensi psikoedukasi audio visual berbasis implementation intention didapatkan hasil bahwa ada peningkatan signifikan terhadap niat patuh minum obat (p=0.000), niat patuh pencegahan penularan (p=0,004), niat patuh konsumsi nutrisi (p=0,018), perilaku kepatuhan minum obat (p=0,012), perilaku kepatuhan pencegahan penularan (p=0,000), dan perilaku kepatuhan nutrisi (p=0,001). Kesimpulan: Psikoedukasi audio visual berbasis implementation intention adalah intervensi yang efektif untuk meningkatkan niat dan perilaku kepatuhan pasien TB dalam pengobatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.19-19 Ang p
Uncontrolled Keywords: psikoedukasi audio visual; implementation intention; niat; perilaku kepatuhan pengobatan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ANITA DEWI ANGGRAININIM131714153096
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedarsonoNIDN8849800016
Thesis advisorLaily HidayatiNIDN0005048309
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 23 Dec 2019 07:21
Last Modified: 23 Dec 2019 07:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93079
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item