Daniswari Hartika (2019) Perbedaan Psychological Well-Being Anak Usia Dini Ditinjau Dari Keikutsertaan Program Tahfidz Al-Qur’an. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (264kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI .pdf Download (83kB) |
|
Text
3. ABSTRAK .pdf Download (87kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf Download (122kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (141kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (131kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (59kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (59kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (710kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan psychological well-being antara anak usia dini yang mengikuti dan tidak mengikuti program tahfidz Al-Qur’an. Psychological well-being merupakan konsepsi wellbeing dalam pendekatan eudaimonic yang berfokus pada pemaknaan hidup, pemenuhan diri serta penentuan nasib atas diri individu itu sendiri (Ben-Arieh, dkk., 2014). Dalam penelitian ini, pengalaman anak terkait keikutsertaan program tahfidz yang menjadi fokus dalam menentukan psychological well-being anak usia dini. Terdapat tiga aspek dalam mengukur psychological well-being anak usia dini (prasekolah) yaitu self-concept, life satisfaction, dan resilience (Abed, dkk., 2016). Penelitian ini dilakukan pada anak usia dini berusia 5-6 tahun dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 128 anak yang terdiri dari 64 subjek kelompok tahfidz dan 64 subjek kelompok non-tahfidz. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari 12 aitem pernyataan. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah uji beda independent sample t-test dan Mann-Whitney U melalui software statistik Jamovi for Windows 1.0.6. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar <0,001 dan Cohen’s d sebesar 0,542. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan psychological well-being anak usia dini antara kelompok tahfidz dan non-tahfidz
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK Psi 06/20 Har p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | early childhood psychological well-being, tahfidz Al-Qur’an | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2020 08:51 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2020 08:51 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93788 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |