Hubungan Antara Sensation-Seeking Dengan Smartphone Addicton Pada Generasi Z

Izzatin Hikmiyah (2019) Hubungan Antara Sensation-Seeking Dengan Smartphone Addicton Pada Generasi Z. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (881kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (512kB)
[img] Text
3. ABSTRAK .pdf

Download (412kB)
[img] Text
3. ABSTRAK .pdf

Download (412kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (497kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara sensation-seeking dengan smartphone addiction pada generasi Z. Penelitian ini didasari oleh adanya fenomena semakin meningkatnya tingkat adiksi smartphone pada generasi Z khusunya kelompok remaja. Teori yang digunakan pada variabel sensation-seeking mengacu pada teori Zuckerman (1979). Sedangkan, pada variabel smartphone addiction mengacu pada teori Kwon dkk. (2013). Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survey. Subjek penelitian ini adalah generasi Z yang berada pada kelompok usia remaja yang memiliki tahun kelahiran 1997-2007. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 196 orang. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala sensation-seeking Sensation-seeking Scale form V (SSS-V) (Zuckerman, 1979) yang berjumlah 40 aitem (α=0,78) dan skala smartphone addiction Smartphone Addiction Scale (SAS) (Kwon dkk., 2013) yang telah ditranslasi oleh Rahmadyan (2017) berjumlah 33 aitem (α=0,911). Teknik analisis data menggunakan analisis Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh hubungan yang positif (r= 0.000 p= 0,306). Nilai korelasi yang didapat bernilai positif artinya semakin tinggi sensation-seeking maka smartphone addiction pada generasi Z akan tinggi pula. Hasil penelitian ini memberi catatan penting bahwa dalam menggunakan teknologi media informasi perlu adanya batasan dalam menggunakan, khususnya pada remaja yang berada pada kelompok generasi Z

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 07/20 Hik h
Uncontrolled Keywords: Sensation Seeking, Smartphone Addiction, Z Generation
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Izzatin HikmiyahNIM111511133045
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwin HendrianiNIDN0002117802
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:23
Last Modified: 03 Feb 2020 09:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93790
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item