Pengaruh Online Consumer Reviews (Ocr) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Di Tokopedia Pada Consumer Generasi Young Millennials

Maria Cika Charmalita Deswert (2019) Pengaruh Online Consumer Reviews (Ocr) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Di Tokopedia Pada Consumer Generasi Young Millennials. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (395kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (883kB)
[img] Text
5. BAB II .pdf
Restricted to Registered users only until 3 March 2023.

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III TEMUAN DAN ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 3 March 2023.

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV DISKUSI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 3 March 2023.

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 3 March 2023.

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 March 2023.

Download (479kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh online consumer reviews (OCR) terhadap keputusan pembelian produk elektronik di Tokopedia pada consumer generasi young millennials. Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Untuk memperkenalkan produk atau mereknya, perusahaan melakukan berbagai kegiatan promosi yang dalam marketing mix dikenal dengan marketing communication mix atau promotion mix. Salah satu dari komponen marketing communication mix adalah word-of-mouth (WOM). Kegiatan WOM sangat penting bagi consumer yang saat ini selalu mencari informasi kredibel dan berbeda dari konsep komersial seperti iklan. Dengan perkembangan internet, terjadi pergeseran pada consumer yang sebelumnya berbelanja di toko konvensional, kemudian memilih berbelanja online karena berbagai kemudahannya. Selain itu, internet membuat consumer menjadi lebih leluasa dalam mencari informasi produk atau merek melalui online consumer reviews sebagai salah satu bentuk dari komunikasi eWOM sebelum melakukan pembelian. Oleh karenanya, penelitian mengenai pengaruh OCR dalam mempengaruhi keputusan pembelian di Tokopedia, terutama terhadap generasi young millennials menjadi penting untuk dianalisa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif, serta menggunakan metode survei dengan alat ukur berupa kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dengan kriteria yang sudah ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jumlah responden didapat dengan rumus Lemeshow. Data diolah dengan SPSS versi 23 melalui uji statistik regresi linier sederhana. Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y dengan nilai t hitung (5,44) > t tabel (1,984). Maka, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara online consumer reviews terhadap keputusan pembelian produk elektronik di Tokopedia pada consumer generasi young millennials.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 07/20 Des p
Uncontrolled Keywords: Online consumer reviews (OCR), Electronic word-of-mouth (eWOM), Keputusan pembelian, Marketing communication mix.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Maria Cika Charmalita DeswertNIM071611533051
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestianingsih Dwi DayantiNIDN0006095604
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 03 Mar 2020 05:26
Last Modified: 03 Mar 2020 05:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94772
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item