Perlindungan Hukum atas Keabsahan Sertipikat Hak Guna Bangunan di atas Tanah Hak Pengelolaan Pemerintah Kota Samarinda (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung No.2455 K/PDT/2013)

Usman Fathoni (2020) Perlindungan Hukum atas Keabsahan Sertipikat Hak Guna Bangunan di atas Tanah Hak Pengelolaan Pemerintah Kota Samarinda (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung No.2455 K/PDT/2013). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (257kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB II KEABSAHAN SERTIFIKAT HAK...)
5. BAB II KEABSAHAN SERTIPIKAT HAK....pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2023.

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III PERLINDUNGAN HUKUM BAGI....pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2023.

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN PUTUSAN.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2023.

Download (750kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul “Perlindungan Hukum atas Keabsahan Sertipikat Hak Guna Bangunan Di Atas Tanah Hak Pengelolaan Pemerintah Kota Samarinda (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung No.2455 K/PDT 2013)”, dengan pokok permasalahan yaitu keabsahan sertipikat dan perlindungan hukum terhadap pemegang sertipikat Hak Guna Bangunan di atas tanah Hak Pengelolaan Pemerintah Kota Samarinda. Berdasarkan gambaran masalah singkat tersebut maka dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut: 1) Keabsahan sertipikat Hak Guna Bangunan di atas tanah Hak Pengelolaan; dan 2) Perlindungan Hukum bagi pemegang sertipikat Hak Guna Bangunan di atas tanah Hak Pengelolaan Pemerintah Kota Samarinda. Penelitian ini adalah jenis penelitian normatif yaitu penelitian yang didasarkan pada sumber hukum primer dan sekunder. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), Pendekatan konseptual (Conceptual Approach), Pendekatan kasus (Case Approach). Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa keabsahan sertipikat HGB milik Suryadi Tandio adalah sah karena keabsahan penerbitannya telah sesuai dengan syarat keabsahan yang terdapat dalam Pasal 52 UU No.30 Tahun 2014, selain itu mengenai keabsahan sertipikat tersebut telah dapat dibuktikan dalam Putusan TUN No. 76/B/2007/PT.TUN.JKT. Mengenai sahnya penerbitan sertipikat HGB tersebut tidaklah dapat memberikan perlindungan hukum yang sempurna, karena walau keabsahan sertipikat telah sesuai dengan syarat keabsahan dan telah menang di Putusan TUN namun kenyataan dilapangan justru terjadi proses penghentian pekerjaan mega proyek dengan dipasang police line. Oleh sebab itu untuk perlindungan hukum agar lebih menjamin maka harus dibuat peraturan baru terkait penerbitan sertipikat yang dapat menjamin kepastian hukum dan memberikan perlindungan dengan iktikat baik dari awal diterbitkan sertipikat sampai batas akhir sertipikat tersebut berlaku. Sehingga tidak ada satu pihakpun yang dapat mengganggu gugat, kecuali untuk kepentingan umum.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 06/20 Fat p
Uncontrolled Keywords: Land Rights Certificate
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Usman FathoniNIM031724253017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri WinarsiNIDN0003066803
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Jul 2020 14:48
Last Modified: 10 Aug 2020 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96598
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item