Kepuasan Kerja Pengemudi Gojek Dipengaruhi oleh Keadilan Distributif dan Prosedural dengan Dukungan Organisasi yang Dirasakan sebagai Mediator

KHARIS SEPTINA LIFTYAWAN (2020) Kepuasan Kerja Pengemudi Gojek Dipengaruhi oleh Keadilan Distributif dan Prosedural dengan Dukungan Organisasi yang Dirasakan sebagai Mediator. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Halaman Judul)
1. Halaman Judul.pdf

Download (574kB)
[img] Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf

Download (81kB)
[img] Text (Bab 1)
3. Bab 1.pdf

Download (78kB)
[img] Text (Bab 2)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] Text (Lampiran)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (747kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Alternatif transportasi pada era ini sedikit banyak telah merubah gaya hidup konsumen. Kebutuhan akan moda yang lincah dipadu dengan penawaran harga jasa yang relatif murah menjadikan perusahaan Gojek sebagai bisnis start-up yang paling diminati. Dalam sekejap perusahaan ini berubah menjadi salah satu penyedia layanan berbasis ojek daring terbesar di Indonesia. Namun pada praktiknya banyak gejolak yang timbul disuarakan oleh pengemudi Gojek. Permasalahan pengupahan dan prosedur yang diberlakukan oleh perusahaan acapkali membuat pengemudi Gojek geram. Kekecewaan tersebut pada gilirannya akan memainkan peran penting dalam mempengaruhi individu terhadap persepsi kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan distributif dan keadilan prosedural terhadap kepuasan kerja melalui dukungan organisasi yang dirasakan pada pengemudi Gojek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengambilan data melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan partial least square (PLS) yang diolah menggunakan piranti lunak SmartPLS. Kontras dengan peristiwa yang banyak terjadi di lapangan, hasil penelitian mengindikasikan bahwa keadilan distributif dan keadilan prosedural memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kemudian dukungan organisasi yang dirasakan dimasukkan sebagai mediator yang juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan pada hubungan keadilan distributif dan keadilan prosedural terhadap kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 19/20 Lif k
Uncontrolled Keywords: Distributive Justice, Procedural Justice, Job Satisfaction, Perceived Organizational Support
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
KHARIS SEPTINA LIFTYAWANNIM041714153007
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Siwi AgustinaNIDN0027087204
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:42
Last Modified: 06 Sep 2020 12:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96953
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item