Model Bimbingan Dan Konseling Bargaining Power Penggunaan Kondom Pada Psk Dalam Pencegahan Penularan Hiv/Aids Di Wilayah Klubuk Jombang

Indarti (2020) Model Bimbingan Dan Konseling Bargaining Power Penggunaan Kondom Pada Psk Dalam Pencegahan Penularan Hiv/Aids Di Wilayah Klubuk Jombang. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf

Download (423kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2 . Abstract.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5 BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text (KERANGKA KONSEPTUAL)
6 BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text (METODE PENELITIAN)
7 BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
8 BAB 5 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text (KESIMPULAN)
9 BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11 Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terjadinya penularan HIV/AIDS dapat di cegah dengan penggunaan kondom, karena penggunaan kondom secara konsisten adalah pilihan pencegahan HIV/AIDS utama yang tersedia bagi PSK secara global. Konsistensi penggunaan kondom pada PSK di wilayah Klubuk Jombang masih kurang dalam pencegahan penularan HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model bimbingan dan konseling terhadap bargaining power penggunaan kondom pada PSK dalam pencegahan penularan HIV/AIDS di Wilayah Klubuk Jombang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental (one-group pra-post test design). Populasi dalam penelitian ini adalah PSK di lokalisasi Klubuk Jombang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Responden dalam penelitian ini sejumlah 30 responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan model pembelajaran bimbingan dan konseling (guidance and counceling). Variabel dependen dalam penelitian ini adalahbargaining power PSK yang meliputi pengetahuan, sikap dan tindakan PSK dalam konsistensi penggunaan kondom kepada pelanggan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisa menggunakan uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test untuk pengetahuan, sikap dan tindakan dengan signifikansi α≤0,05. Hasil uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan model bimbingan dan konseling dapat mempengaruhi pengetahuan (p=0,003), sikap (p=0,000) dan Tindakan (p=0,000) PSK.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan model pembelajaran bimbingan dan konseling (guidance and counceling)dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan konsistensi penggunaan kondom dalam pencegahan penularan HIV/AIDS di wilayah Klubuk Jombang. Penelitian selanjutnya diharapkan dilakukan dengan metode secara kualitatif untuk memperoleh hasil yang lebih mendalam dari responden tentang faktor yang paling berpengaruh terhadap konsistensi penggunaan kondom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.32-20 Ind m
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Kondom, bargaining power, PSK, HIV/AIDS
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
IndartiNIM131811123009
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDPurwaningsihNIDN0021106603
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 13 Aug 2020 15:47
Last Modified: 13 Aug 2020 15:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97185
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item