Abduh Rafif Taufani (2020) Budaya Pecinta Kopi Dan Gaya Hidup Urban Kedai Kopi Di Surabaya: Analisis Visual Semiotika Spasial (Vernacular Semiotics). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1.HALAMAN JUDUL.pdf Download (869kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2,ABSTRAK.pdf Download (822kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf Download (889kB) |
|
Text (Bab I PENDAHULUAN)
4.BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5,BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only until 1 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN)
6.BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 1 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
7.BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 1 September 2023. Download (887kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.Daftar Pustaka.pdf Download (910kB) |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini fokus pada identitas budaya pecinta kopi dan gaya hidup urban yang direpresentasikan melalui simbol-simbol yang ada pada kedai kopi di Surabaya menggunakan analisis semiotika spasial, atau vernacular semiotics. Peneliti tertarik dengan fenomena munculnya konsumen kopi gelombang ketiga dan identitasnya sebagai pecinta kopi. Juga bagaimana konsumen kopi gelombang ketiga memaknai gaya hidup urban dalam kedai kopi di Surabaya lewat pengunjung, gimmick, dan desain interior kedai kopi. Vernacular Semiotic digunakan sebagai pisau analisis karena peneliti membaca bahwa elemen-elemen visual dalam kedai kopi sebagai teks yang di dalamnya mengandung makna.. Pemaknaan ini sengaja dibangun oleh komunitas pecinta kopi sebagai kaum urban yang menempati ruang spasial lalu membangun identitas budaya dan gaya hidup mereka. Hasil akhirnya, penelitian ini menemukan fakta bahwa banyak pelanggan kedai kopi di daerah urban tidak dating ke kedai atas minumannya saja, melainkan mereka juga mengonsumsi makna dari aktivitas meminum kopi dan juga kedai kopi yang disematkan lewat berbagai elemen visual baik yang mereka produksi secara sengaja ataupun tidak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K 34-20 Tau b | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Identitas Kultural, Gaya Hidup, Masyarakat Urban, Vernacular Semiotics | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2020 07:05 | ||||||
Last Modified: | 01 Sep 2020 07:05 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98291 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |