Theresia Bening Sarasati (2020) Representasi Identitas Homoseksual Dalam Film Taiwan “Dear Ex”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (327kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3.. DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
|
Text (Bab I PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB 2 GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2023. Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN)
6. BAB 3 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2023. Download (722kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4 PENUTUP)
7. BAB 4 PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2023. Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2023. Download (232kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai representasi identitas homoseksual yang ditampilkan di dalam film Taiwan berjudul “Dear Ex”. Film “Dear Ex” menampilkan dua tokoh homoseksual bernama Zhengyuan dan Jay dengan karakter yang bertolak belakang antara satu dan lainnya. Signifikansi penelitian ini terletak pada representasi tokoh gay yang menjalin hubungan rumah tangga dengan perempuan heteroseksual dan memiliki seorang putra, sehingga kemudian muncul konflik domestik di dalamnya. Selain itu, faktor lainnya adalah negara asal film, yaitu Taiwan, yang dikenal sebagai negara di Asia yang disebut paling terbuka dan menerima kaum LGBT termasuk homoseksual. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengeksplorasi representasi dari identitas homoseksual di dalam film tersebut. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini terletak pada dua tokoh homoseksual di film, Zhengyuan dan Jay dan relasi mereka dengan tokoh-tokoh lain, seperti istri Zhengyuan yang bernama Shanlian, putra Zhengyuan bernama Chengxi, dan dengan ibunya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil potongan gambar dan dialog dari adegan yang berkaitan dengan homoseksualitas dan kedua tokoh homoseksual. Peneliti menggunakan semiotik Roland Barthes yang disebut order of significations sebagai metode untuk menganalisis representasi identitas homoseksual di dalam film “Dear Ex”. Peneliti menemukan bahwa film “Dear Ex” menggiring penonton untuk melihat identitas homoseksual tampil sebagai pihak yang masih mengalami represi, namun di saat yang sama hadir untuk mewakili kelompok progresif di Taiwan. Di sisi lain, pihak istri yaitu Shanlian mewakili konservatisme di Taiwan. Film Dear Ex memperlihatkan masih ada paradoks di masyarakat Taiwan, di mana paradoks tersebut dipengaruhi oleh faktor politik, sejarah, dan budaya. Meski begitu, kehadiran putra semata wayang dari hubungan Zhengyuan dan Shanlian menjadi jembatan yang menghubungkan konservatisme dan progresivisme di Taiwan sehingga ada rekonsiliasi di antara kedua pihak tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K 60-20 Sar r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | representasi, identitas homoseksual, film Taiwan, semiotik Roland Barthes | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 07 Sep 2020 03:02 | ||||||
Last Modified: | 07 Sep 2020 03:02 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98525 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |