Gambaran Hubungan Faktor Individu Dan Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan (Studi Pekerja Assembling Di Klinik PT. Indospring, Tbk Plant 1)

Hikmah Annasti Siwi (2020) Gambaran Hubungan Faktor Individu Dan Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan (Studi Pekerja Assembling Di Klinik PT. Indospring, Tbk Plant 1). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (274kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III KERANGKA KONSEPTUAL)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL .pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV METODE PENELITIAN)
7. BAB IV METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN)
8. BAB V HASIL PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PEMBAHASAN)
9. BAB VI PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN)
10. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
13. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
Official URL: http:/www.lib.unair.ac.id

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan puas tidaknya tenaga kerja terhadap klinik di perusahaan. Kinerja petugas medis atas pelayanan yang diberikan kepada tenaga kerja akan berdampak pada kepuasan tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hubungan faktor individu dan penilaian mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pekerja assembling di klinik PT Indospring, Tbk plant 1. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif. Subjek penelitian adalah pekerja bagian assembling unit 1 plant 2 berjumlah 29 orang. Objek penelitian adalah mutu pelayanan kesehatan. Waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan mulai dari Januari-Maret 2020. Variabel yang diteliti meliputi faktor individu (usia, masa kerja, unit bagian, shift kerja), mutu pelayananan kesehatan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty), dan tingkat kepuasan pekerja. Penelitian ini merujuk pada Kepdirjen Binwasnaker No. 22 tahun 2008. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pekerja yang menjadi responden penelitian ini berada pada kelompok usia 26-30 tahun, masa kerja 6-10 tahun, bekerja pada shift 1 dan bekerja pada unit bagian produksi. Mutu pelayanan kesehatan pada klinik dimensi tangibles kategori kurang puas 59%, dimensi reliability kategori puas 48%, dimensi responsiveness kategori puas 45%, dimensi assurance kategori puas 52%, dimensi emphaty kategori baik 42%. Mayoritas responden menilai mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan kurang puas 10%, cukup puas 17% , puas 45% dan sangat puas 28%. Kelompok pekerja dengan usia 36-40 tahun dengan masa kerja lebih dari 10 tahun merasa sangat puas dan bekerja pada shift kerja 1 dan 2 memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dari pada kelompok usia kurang dari 36 tahun dan lebih dari 40 tahun dengan masa kerja kurang dari 10 tahun dan bekerja pada shift 3. Dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden belum puas terhadap dimensi tangibles. Dimensi yang masih mendapatkan penilaian kurang dari pekerja adalah tangibles. Perusahaan disarankan untuk menyediakan kotak obat portabel di plant 2 pada shift 3 dan obat cadangan yang disediakan di klinik plant 2 bagi shift 3 untuk berjaga-jaga.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.30/20 Siw g
Uncontrolled Keywords: Mutu pelayanan kesehatan, kepuasan pekerja, dimensi pelayanan kesehatan
Subjects: Q Science
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Hikmah Annasti SiwiNIM151711713026
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Damayanti, -NIDN0019118802
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 06 Nov 2020 04:57
Last Modified: 06 Nov 2020 04:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item