Popularitas Hallyu Di Arab Saudi

Sasha Syaifani (2020) Popularitas Hallyu Di Arab Saudi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II HALLYU DI ARAB SAUDI.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III Hallyu Tren Konsumsi Budaya dan Mediascape .pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV Hallyu Cultural Proximity, Demografi dan Modal Kultural-Sosial .pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN .pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (164kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produk kultural Korea Selatan atau Hallyu memiliki popularitas di seluruh dunia, termasuk di Arab Saudi. Walaupun promosi dari pemerintah maupun perusahaan Korea Selatan sangat minim karena terdapat sejumlah restriksi, namun popularitas Hallyu di Arab Saudi cukup signifikan. Hal ini terefleksikan dari banyaknya jumlah penonton musik video Hallyu dan ketertarikan masyarakat Arab Saudi terhadap Hallyu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa hal ini terjadi melalui metode penelitian eksplanatif dengan mengkaji secara kualitatif berdasar pada teori globalisasi dan tren konsumsi budaya, mediascape, cultural proximity serta kaitan demografi dengan modal kultural dan sosial. Penelitian ini berfokus pada tahun-tahun meningkatnya popularitas Hallyu di Arab Saudi, yakni pada tahun 2010-2012. Hasil penelitian ini menemukan bahwa popularitas Hallyu di Arab Saudi didorong oleh adanya globalisasi, lebih tepatnya penyebaran melalui media konvensional maupun non-konvensional. Beberapa proksimitas kultural antara Arab Saudi dan Korea Selatan juga mendukung penerimaan Hallyu sehingga produk kultural tersebut menjadi populer di Arab Saudi. Hallyu juga menjadi alternatif konten hiburan sebagai modal budaya dan sosial bagi generasi muda di Arab Saudi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI 15/20 Sya p
Uncontrolled Keywords: Hallyu, Arab Saudi, Globalisasi, Mediascape, Cultural Proximity
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Sasha SyaifaniNIM071611233014
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik SalamahNIDN0007055605
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:03
Last Modified: 08 Oct 2020 03:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99868
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item