Sasha Syaifani (2020) Popularitas Hallyu Di Arab Saudi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (413kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf Download (88kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II HALLYU DI ARAB SAUDI.pdf Restricted to Registered users only until 8 October 2023. Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III Hallyu Tren Konsumsi Budaya dan Mediascape .pdf Restricted to Registered users only until 8 October 2023. Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV Hallyu Cultural Proximity, Demografi dan Modal Kultural-Sosial .pdf Restricted to Registered users only until 8 October 2023. Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN .pdf Restricted to Registered users only until 8 October 2023. Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 8 October 2023. Download (164kB) | Request a copy |
Abstract
Produk kultural Korea Selatan atau Hallyu memiliki popularitas di seluruh dunia, termasuk di Arab Saudi. Walaupun promosi dari pemerintah maupun perusahaan Korea Selatan sangat minim karena terdapat sejumlah restriksi, namun popularitas Hallyu di Arab Saudi cukup signifikan. Hal ini terefleksikan dari banyaknya jumlah penonton musik video Hallyu dan ketertarikan masyarakat Arab Saudi terhadap Hallyu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa hal ini terjadi melalui metode penelitian eksplanatif dengan mengkaji secara kualitatif berdasar pada teori globalisasi dan tren konsumsi budaya, mediascape, cultural proximity serta kaitan demografi dengan modal kultural dan sosial. Penelitian ini berfokus pada tahun-tahun meningkatnya popularitas Hallyu di Arab Saudi, yakni pada tahun 2010-2012. Hasil penelitian ini menemukan bahwa popularitas Hallyu di Arab Saudi didorong oleh adanya globalisasi, lebih tepatnya penyebaran melalui media konvensional maupun non-konvensional. Beberapa proksimitas kultural antara Arab Saudi dan Korea Selatan juga mendukung penerimaan Hallyu sehingga produk kultural tersebut menjadi populer di Arab Saudi. Hallyu juga menjadi alternatif konten hiburan sebagai modal budaya dan sosial bagi generasi muda di Arab Saudi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.HI 15/20 Sya p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Hallyu, Arab Saudi, Globalisasi, Mediascape, Cultural Proximity | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture J Political Science > JZ International relations |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2020 03:03 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2020 03:03 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99868 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |