Penerapan Behavioral Parent Training Untuk Menurunkan Stres Pengasuhan Pada Ibu Yang Memiliki Anak Dengan Gangguan ADHD

Wanda Rahma Syanti (2015) Penerapan Behavioral Parent Training Untuk Menurunkan Stres Pengasuhan Pada Ibu Yang Memiliki Anak Dengan Gangguan ADHD. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (120kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2024.

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2024.

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2024.

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (SIMPULAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2024.

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anak dengan ADHD menunjukkan gejala-gejala inatensi, hiperaktivitas dan impulsivitas. Gejala yang dimunculkan anak dengan ADHD akhirnya menimbulkan stres pengasuhan pada ibu. Stres pengasuhan dirasakan oleh orang tua seiring dengan meningkatnya persepsi orang tua terhadap tuntutan pengasuhan yang melebihi sumber daya yang dimiliki untuk mengurus anak-anak. Ibu cenderung merasa kurang memiliki pengetahuan mengenai pengasuhan, kurang memiliki kompetensi dan kurang dukungan sosial. Kegagalan berulang saat mencoba mengatur perilaku anak-anak mereka membuat ibu mengalami “parenting learned helplesness”. Akhirnya ibu seringkali menampakkan perilaku tidak menerima anak mereka, kurang memberi penghargaan dan cenderung menerapkan hukuman untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Behavioral Parent training untuk menurunkan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak dengan ADHD. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan dua kelompok subjek, kelompok eksperimen dan kelompok komtrol. Subjek penelitian ini adalah 9 orang ibu yang memiliki anak dengan ADHD yang sedang bersekolah di SDN Ketintang II Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Parenting Stress Index-Short Form (PSI-SF), modul Behavioral Parent Training, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan independent sample T-Test dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini adalah Behavioral Parent Training efektif untuk menurunkan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak dengan ADHD di SDN Ketintang II Surabaya. Stres pengasuhan ibu menurun secara signifikan setelah mengikuti Behavioral Parent Training. Aspek stres pengasuhan, terutama yang berasal dari aspek personal distress ibu menurun. Hal ini berarti bahwa konten pelatihan Behavioral Parent Training yang menitikberatkan pada peningkatan kemampuan ibu dalam mengelola stres dan peningkatan sumber daya, kompetensi ibu dalam menghadapi anak dan peningkatan persepsi ibu terhadap kemampuannya terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Stres Pengasuhan, Behavioral Parent Training, Ibu yang memiliki anak dengan ADHD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Wanda Rahma SyantiNIM111214153013
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoelan Handadari, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 15 Apr 2021 12:44
Last Modified: 15 Apr 2021 12:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105653
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item