Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rancangan Kegiatan Harian (RKH) yang Bermuatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Partisipatif

Putri Larasati Ayuningtias (2013) Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rancangan Kegiatan Harian (RKH) yang Bermuatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Partisipatif. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (791kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (777kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (761kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (737kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (699kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Rancangan Kegiatan Harian (RKH) yang bermuatan pendidikan karakter melalui metode pembelajaran partisipatif. Kemampuan guru dalam menyusun Rancangan Kegiatan Harian (RKH) bermuatan karakter adalah guru yang mengembangkan nilai- nilai karakter bangsa pada diri peserta didik (Kemendiknas 2010). Dalam penyusunan RKH guru mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa, merumuskan nilai-nilai pendidikan karakter di dalam Visi, Misi dan Tujuan Sekolah/satuan pendidikan, menyusun tujuan pembelajaran kemampuan kognitif, psikomotorik, dan juga karakter. Metode pembelajaran diubah menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk mengembangkan karakter. Penilaian direvisi yang dinyatakan secara kualitatif. Metode pembelajaran partisipatif yaitu metode pembelajaran yang dapat mendorong pembelajar untuk berkontribusi dan terlibat secara aktif serta mandiri dalam memperoleh pengetahuan dan ketrampilan penbelajar (Tipplet, at all 2003). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan tipe desain pre-ekperimen yang dilakukan pada subyek penelitian guru play group dan TK. Reliability analysis menunjukkan bahwa nilai koefisien alpha yaitu 0, 267 untuk skala pengetahuan guru. Setelah dilakukan pengujian dengan teknik Wilcoxon Signed Rank Test dari penelitian ini menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) untuk kemampuan guru sebesar 0, 002 maka dapat disimpulkan Ha di terima dan bermakna metode pembelajaran partisipatif dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam menyusun Rancangan Kegiatan Harian (RKH) bermuatan pendidikan karakter. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil analisis statistik, menunjukkan bahwa metode pembelajaran partisipatif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rancangan Kegiatan Harian (RKH) bermuatan karakter. Hal tersebut disebabkan karena dalam pembelajaran partisipatif peserta dilibatkan dalam proses penyusunan Rancangan Kegiatan Harian (RKH) bermuatan karakter, serta peserta bersemangat dan terbuka dalam pengetahuan baru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Daily Activity Plan, RKH, Character Education, Participatory Learning Method
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795-839.5 Temperament, Character (Ethology)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Putri Larasati AyuningtiasNIM111041019
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 May 2021 02:34
Last Modified: 04 May 2021 02:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item