PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN, INTENSI DAN KEPATUHAN DIET DIABETES MELLITUS TIPE 2

Zakiah Nur Suraya, 131111007 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN, INTENSI DAN KEPATUHAN DIET DIABETES MELLITUS TIPE 2. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FKP. N. 123-16 Sur p ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP. N. 123-16 Sur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 adalah Diabetes yang terjadi karena resistensi insulin akibat kegagalan yang bersifat progresif pada pankreas dalam mensekresi sel β. Kurangnya pendidikan kesehatan dan informasi yang tidak adekuat terkait dengan manajemen diet DM dapat menyebabkan ketidakpatuhan dan meningkatkan resiko komplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan dengan media booklet terhadap pengetahuan, intensi dan kepatuhan diet DM tipe 2 di Puskesmas Lidah Kulon Surabaya . Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-experimental (Onegroup pre-post test design). Populasi dalam penelitian ini adalah penderita Diabetes Mellitus tipe 2 di Puskesmas Lidah Kulon Surabaya. Sampel diambil menggunakan non-probability sampling dengan total responden 11 orang. Variabel independen adalah pendidikan kesehatan dengan media booklet. Variabel dependen adalah pengetahuan, intensi dan kepatuhan diet. Data diambil dengan memberikan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon signed rank test dengan nilai signifikansi α≤0,05. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan media booklet mempengaruhi pengetahuan (p=0,02), intensi (p=0,005) dan kepatuhan diet (p=0,008) penderita DM tipe 2 . Kesimpulannya adalah pendidikan kesehatan dengan media booklet dapat meningkatkan pengetahuan, intensi dan kepatuhan diet penderita DM tipe 2. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk membandingkan pengaruh pendidikan kesehatan dengan media booklet dan media lain dengan menggunakan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 123-16 Sur p
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, booklet, pengetahuan, intensi, kepatuhan diet, DM tipe 2
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM214-258 Diet therapy. Dietary cookbooks
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Zakiah Nur Suraya, 131111007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIka Yuni Widyawati, M.Kep., Ns., Sp.Kep.MB.UNSPECIFIED
ContributorCandra Panji Asmoro, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 06 Dec 2016 20:46
Last Modified: 25 Mar 2018 23:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48506
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item