PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BERMAIN MENGGUNAKAN FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PERINEAL HYGIENE PADA SISWI KELAS VII & VIII DI SMPN 45 SURABAYA

RURI MELIANA, 1311111068 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BERMAIN MENGGUNAKAN FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PERINEAL HYGIENE PADA SISWI KELAS VII & VIII DI SMPN 45 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP. N. 156-16 Mel p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Area genital pada remaja bekerja lebih aktif dalam memproduksi keringat dan sekresi mukus. Kurangnya pengetahuan dan buruknya sikap remaja putri dalam menjaga daerah genitalnya akan meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Sehingga, pendekatan pendidikan kesehatan yang tepat sangatlah diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari pendidikan kesehatan dengan metode bermain menggunakan flashcard dalam meningkatan pengetahuan dan sikap tentang perineal hygiene pada remaja putri. Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimental dengan melibatkan 34 remaja putri usia 10 - 14 tahun sebagai sampel. Data diambil menggunakan kuesioner kemudian dianalisa menggunakan Wilcoxon signed rank test dengan level signifikansi α=0, 05. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain menggunakan flashcard memiliki pengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan (p=0,00) dan sikap (p=0,00) perineal hygiene responden. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan metode bermain menggunakan flashcard dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri dalam melakukan perineal hygiene. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain menggunakan flashcard dapat dijadikan cara dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri dalam melakukan perineal hygiene.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 156-16 Mel p
Uncontrolled Keywords: flashcard, pengetahuan, sikap, perineal hygiene, remaja putri
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
RURI MELIANA, 1311111068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAbu Bakar, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.MBUNSPECIFIED
ContributorDeni Yasmara, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.MBUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Dec 2016 19:05
Last Modified: 22 Mar 2018 00:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49346
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item