ANALISIS QUALITY CONTROL UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT MENGGUNAKAN METODE STATISTIC QUALITY CONTROL (SQC)PADA UD. RUMPUN MAS

FIDO BAGUS SOEBANDRIYO, 041711223032 (2019) ANALISIS QUALITY CONTROL UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT MENGGUNAKAN METODE STATISTIC QUALITY CONTROL (SQC)PADA UD. RUMPUN MAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
KKB KK-2 B 343 - 19 Soe a-Abstrak.pdf

Download (40kB)
[img] Text (Daftar isi)
KKB KK-2 B 343 - 19 Soe a-Daftar isi.pdf

Download (31kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
KKB KK-2 B 343 - 19 Soe a-Daftar pustaka.pdf

Download (51kB)
[img] Text (Fulteks)
KKB KK-2 B 343 - 19 Soe a.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era globalisasi, persaingan dalam dunia industri dibidang manufaktur maupun jasa semakin lama semakin meningkat.Untuk menghadapi persaingan tersebut, perusahaan harus memiliki keunggulan yang kompetitif, yaitu dengan menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas baik dan terjamin agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.Untuk menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas baik dan terjamin, perusahaan diperlukan untuk lebih fokus dalam meningkatkan kualitas atau mutu secara terus menerus. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara pengendalian kualitas atau pengawasan agar dapat tercapainya tujuan perusahaan, karena meskipun proses produksi telah dilaksanakan dengan baik, seringkali masih ditemukan adanya kesalahan-kesalahan dimana mutu produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar kualitas apa yang dimiliki perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengendalian kualitas atau quality control produk sandal yang diproduksi oleh UD.Rumpun Mas serta mencari tahu tentang penyebab terjadinya kecacatan produk perusahaan.Sistem pengumpulan data dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu wawancara dan observasi. Kegiatan analisis ini menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC), yaitu suatu sistem yang dikembangkan untuk menjaga standar uniform dari kualitas hasil produksi, pada tingkat biaya yang minimum dan merupakan bantuan untuk mencapai efisiensi. Terdapat beberapa cara atau alat (tools) yang digunakan dalam analisis ini yang merupakan bagian dari seven tools of quality, yaitu Flowchart, Check Sheet, Histogram, C-chart, dan Fishbone. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) jenis kecacatan produk sandal, yaitu ketidaksesuaian ukuran, kerusakan pada gambar dan warna, serta kualitas bahan sandal (PVC). Selain itu, Peta Kendali C atau C-chart menunjukkan bahwa terdapat 2 titik dari 6 observasi yang berada diluar control limit, sehingga perlu melakukan tindakan perbaikan proses produksi untuk mengurangi produk yang cacat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 343/ 19 Soe a
Uncontrolled Keywords: Quality, Quality Controller, Seven Tools of Quality, Statistical Quality Control (SQC).
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FIDO BAGUS SOEBANDRIYO, 041711223032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, NIDN: 0019086106UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 04 Nov 2019 05:44
Last Modified: 04 Nov 2019 05:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90439
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item