Nabillah Said (2020) Pengaruh Self-Regulated Learning Dan Penyesuaian Diri Terhadap Motivasi Belajar Pada Santri Baru Di Pondok Pesantren Nurul Ulum Malang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (670kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (102kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 6 September 2023. Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 September 2023. Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 September 2023. Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 September 2023. Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
11. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh self-regulated learning dan penyesuaian diri terhadap motivasi belajar pada santri baru di Pondok Pesantren Nurul Ulum Malang. Dalam penelitian ini, self-regulated learning mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Zimmerman & Martinez (1990), Penyesuaian Diri mengacu pada Schneiders (1964), dan Motivasi Belajar Ryan & Deci (2017). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatoris untuk menjelaskan alasan terjadinya suatu peristiwa hingga menguji sebuah teori (Neuman, 2014). Penelitian ini dilakukan pada santri baru kelas VII MTs Nurul Ulum Malang sebanyak 89 santri dengan menggunakan alat ukur skala SRL (29 aitem) untuk mengukur self-regulated learning dengan reliabilitas sebesar 0,907, skala PD (16 aitem) untuk mengukur skala penyesuaian diri dengan reliabilitas sebesar 0,806, skala MB (23 aitem) dan untuk mengukur motivasi belajar dengan reliabilitas sebesar 0,877. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning, dan penyesuaian diri mimiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,658. Koefisien determinasi (R2) self-regulated learning, dan penyesuaian diri terhadap motivasi belajar sebesar 43,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Psi 115/ 20 Sai p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Self-regulated Learning, Self-Adjusment, Learning Motivation | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2020 04:49 | ||||||
Last Modified: | 06 Sep 2020 04:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98563 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |