Crenniar Dinda Mustika (2020) Literasi Sebagai Kemampuan Membaca Dan Menulis Melalui Aplikasi Wattpad Pada Remaja Sekolah Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (418kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB II)
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2023. Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2023. Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2023. Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2023. Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
5-surat permohonan embargo - mustika dinda.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
Abstract
Aktivitas membaca dan menulis yang merupakan bagian dari literasi dapat ditemukan dalam aplikasi Wattpad yang saat ini digemari oleh kalangan remaja. Dari penelitian terdahulu, aplikasi Wattpad dapat digunakan sebagai media untuk mengembangankan literasi terlebih pada remaja-remaja sekolah. Di Surabaya, aplikasi Wattpad sangat telah oleh banyak remaja sekolah namun belum ada sekolah yang menggunakan media aplikasi untuk mengembangkan literasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode grounded research untuk menghasilkan konsep dari data yang didapat kemudian diabstraksikan dan dihubungkan keterkaitannya. Dari hasil data tersebut membentuk kategori dan subkategori berupa konsep-konsep yang berkaitan dengan fenomena, dimana terdapat faktor pendorong internal dan eksternal dalam menggunakan aplikasi Wattpad untuk membaca. Dari aktivitas membaca melalui aplikasi Wattpad didapat pengembangan literasi meliputi kemampuan linguistik, proses kognitif dan membaca cepat. Adapula dampak dari aktivitas tersebut yaitu modal sosial, kultur gemar membaca dan personality. Dimana modal sosial merupakan bagian dari faktor pendorong eksternal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.IIP.52-20 Mus l | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Wattpad, Remaja Sekolah, Grounded Research | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | hardiansah pramana abdilah | ||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2020 19:52 | ||||||
Last Modified: | 03 Dec 2020 19:52 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/100663 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |