Kumala Hayati (2020) Makna Dapur Sebagai Cooking Space dan Kitchen Space melalui Video dalam Kanal YouTube. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (188kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (75kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (800kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
9. BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
12. PERMOHONAN EMBARGO.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Studi ini adalah tentang bagaimana representasi ruang dapur dengan dua konsep ruang citra yaitu sebagai ruang memasak dan kitchen space dalam kanal YouTube. Hal ini memungkinkan karena internet memberi akses ke dunia maya kepada siapa saja dalam platform seperti kanal YouTube. Sehingga, individu dapat berperan sebagai kreator dimana mengelola konten sesuai pesan yang ingin disampaikan termasuk mengenai ruang dapur. Baik ruang dapur sebagai ruang memasak dan sebagai kitchen space menampilkan fungsi ruang dapur yang sama yaitu aktifitas memasak yang bertujuan memperoleh sumber makanan, tetapi keduanya memiliki budaya ruang virtual (cyberculture) yang berbeda karena tergantung bagaimana hal tersebut direpresentasikan dalam kanal YouTube. Tinjauan Pustaka yang digunakan sebagai panduan bagi peneliti untuk dapat menjawab rumusan masalah penelitian adalah Ruang Citra (Image Space), Dapur sebagai Ruang Memasak dan Kitchen Space, Representasi, Budaya Ruang Virtual (cyberculture), Analisis Semiotik Diskursif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika diskursif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dengan screen shoot dan studi literatur. Peneliti menemukan bahwa gender memiliki pengaruh besar dari bagaimana ruang dapur direpresentasikan dalam kanal YouTube. Laki – laki menunjukkan kekuatan fisik dengan melakukan atraksi memasak dan adanya pertimbangan ekonomi mengingat ruang dapur sebagai ruang memasak berkaitan dengan keberlangsungan warung makan yang dimiliki. Sedangkan, perempuan menunjukkan pengabdian kepada keluarga dengan menghasilkan sajian masakan yang memunculkan interaksi antar anggota keluarga dan kenangan masa lalu bersama orang tua. Sehingga, perempuan mendesain ruang dapur sebagai kitchen space demi kenyamanan keluargadan menjaga kebersihan didalamnya karena muara dari segala aktifitas harian yang dilakukan adalah ruang dapur.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK.29/ 20 Hay m | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kitchen, Image Space, Cooking Space, Kitchen Space, Cyberculture | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet | |||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | |||||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2021 04:03 | |||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2021 04:03 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/102985 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |