Analisis Gap Ekspektasi Dan Penilaian Fktp Dengan Persepsi Rumah Sakit Tentang Bauran Pemasaran 4r (Relation, Retrenchment, Relevance, Reward) (Studi di Poli Urologi RSU Bhakti Husada Krikilan Kabupaten Banyuwangi)

Luphe Assri Ningtyas (2020) Analisis Gap Ekspektasi Dan Penilaian Fktp Dengan Persepsi Rumah Sakit Tentang Bauran Pemasaran 4r (Relation, Retrenchment, Relevance, Reward) (Studi di Poli Urologi RSU Bhakti Husada Krikilan Kabupaten Banyuwangi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRACT)
2. ABSTRACT.pdf

Download (270kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII)
10. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
13. PERMOHONAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Umum Bhakti Husada Krikilan memiliki beberapa poli pelayanan salah satunya poli urologi. Pasien yang bekunjung ke poli urologi adalah pasien rujukan. Kunjungan total pasien di poli urologi secara umum mengalami penurunan dari tahun 2016-2019, jumlah kunjungan pasien lama yang merupakan pasien BPJS lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kunjungan pasien baru. Oleh karena itu diperlukan upaya pemasaran yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien baru yang merupakan pasien BPJS rujukan dari FKTP, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan pada poli urologi tersebut, maka pihak rumah sakit harus menerapkan bauran pemasaran 4R (relation, retrenchment, relevance, reward). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan antara ekspektasi dan penilaian FKTP dan kesenjangan pada persepsi rumah sakit terkait ekspektasi FKTP tentang bauran pemasaran 4R (relation, retrenchment, relevance, dan reward) di poli urologi RSU Bhakti Husada Krikilan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, menurut waktu termasuk penelitian cross sectional. Pengumpulan data melalui wawancara. Responden penelitian ini adalah dokter di FKTP dan pihak manajemen rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara ekspektasi dan penilaian FKTP terhadap “relation” pada aspek intensitas kerjasama, “retrenchment” pada aspek respon pihak rumah sakit dan kecepatan antrian pasien, dan “reward” pada aspek yang berkenaan dengan janji rumah sakit akan kepastian jadwal kerja dokter. Terdapat pula kesenjangan antara persepsi rumah sakit dan ekspektasi FKTP terhadap “relation” pada aspek keterlibatan tenaga kesehatan FKTP dalam kerjasama, “retrenchment” pada aspek saluran komunikasi dan informasi dan respon pihak rumah sakit, dan “reward” pada aspek yang berkenaan dengan janji rumah sakit akan kepastian jadwal kerja dokter. Kesimpulan dari penelitian ini yakni tedapat kesenjangan antara ekspektasi dan penilaian pihak FKTP dan kesenjangan antara persepsi rumah sakit dan ekspektasi FKTP pada “relation”, “retrenchment”, dan “reward”. Saran yang diberikan untuk rumah sakit adalah perlu adanya peningkatan upaya pemasaran yang menekankan pada konsep relationship marketing atau kerjasama antara pihak rumah sakit dan FKTP, merespon permintaan dokter di FKTP dengan lebih baik, dan menepati janji tentang kepastian jadwal kerja dokter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PSDKU.FKM.11-21 Nin a
Uncontrolled Keywords: Expectations, Assessment, Perception, 4R
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 17. PSDKU Banyuwangi > Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Luphe Assri NingtyasNIM101611535016
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi WulandariNIDN0018107504
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 20 Jan 2021 05:00
Last Modified: 20 Jan 2021 05:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/103221
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item