Pengaruh Konformitas Kelompok terhadap Motivasi Belajar pada Pelajar yang Tinggal di Camp dalam Kegiatan Kursus di Lembaga “Kresna” Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

Edward Ferydyas (2013) Pengaruh Konformitas Kelompok terhadap Motivasi Belajar pada Pelajar yang Tinggal di Camp dalam Kegiatan Kursus di Lembaga “Kresna” Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN SAMPUL)
1. HALAMAN SAMPUL .pdf

Download (670kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (581kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (776kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (564kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (842kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mejawab permasalahan apakah terdapat pengaruh antara konformitas kelompok terhadap motivasi belajar pada pelajar yang tinggal di Camp yang mewajibkan para pelajarnya menggunakan bahasa Inggris secara aktif. Konformitas kelompok dalam hal ini adalah perubahan perilaku pada seseorang agar dapat diterima sebagai anggota kelompok yang diikutinya. Sementara motivasi belajar merupakan daya penggerak dalam diri individu yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal agar menimbulkan perilaku belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatoris yang fungsinya untuk menjelaskan pengaruh antar variabel penelitian dalam bentuk uji hipotesis. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu konformitas kelompok dan satu variabel terikat yaitu motivasi belajar. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,604 sehingga antara variabel bebas dan variabel terikat terdapat pengaruh yang cukup kuat. Nilai F sebesar 14.900 dengan signifikansi sebesar 0,001 yang berarti ada pengaruh antara konformitas dan motivasi belajar pada pelajar yang tinggal di Camp dalam kegiatan kursus di Lembaga Kresna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konformitas kelompok, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Edward FerydyasNIM110610076
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudaryono S. UNIDN194911061980031002
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Apr 2021 08:17
Last Modified: 14 Apr 2021 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105546
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item