Perbedaan Motivasi Berpartisipasi Dalam Pendidikan Jasmani Ditinjau Dari Persepsi Gaya Mengajar Guru Dan Jenis Kelamin Siswa

Djoko Soeprianto (2014) Perbedaan Motivasi Berpartisipasi Dalam Pendidikan Jasmani Ditinjau Dari Persepsi Gaya Mengajar Guru Dan Jenis Kelamin Siswa. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (102kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text (KAJIAN PUSTAKA)
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (METODOLOGI PENELITIAN)
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (SIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 April 2024.

Download (980kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Motivasi berpartisipasi dalam pendidikan jasmani adalah keseluruhan dorongan baik dari dalam maupun dari luar individu yang mengarahkan dan menggerakkan siswa aktif mengikuti pendidikan jasmani. Motivasi berpartisipasi dalam pendidikan jasmani dapat dipengaruhi oleh persepsi terhadap gaya mengajar guru dan jenis kelamin siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi berpartisipasi dalam pendidikan jasmani ditinjau dari persepsi gaya mengajar guru, yaitu command style dan reciprocal style, serta antara siswa laki-laki dan perempuan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif komparatif. Subyek penelitian adalah siswa SMAN 7 Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 254 siswa. Pengambilan sampel dengan tehnik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert. Reliabilitas skala pengukuran motivasi berpartisipasi adalah 0,905, reliabilitas skala pengukuran persepsi command style adalah 0,825 dan reliabilitas skala pengukuran persepsi reciprocal style adalah 0,824. Validitas item berdasarkan validitas isi dan daya beda item. Analisis data yang digunakan adalah tehnik anova dua jalan (two-way anova) dengan menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan motivasi berpartisipasi yang signifikan ditinjau dari persepsi gaya mengajar guru dan ada perbedaan motivasi berpartisipasi yang signifikan ditinjau dari jenis kelamin siswa. Untuk interaksi antara persepsi gaya mengajar bersama-sama dengan jenis kelamin tidak ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi berpartisipasi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru pendidikan jasmani khususnya di SMA Negeri 7 agar lebih memperhatikan perbedaan jenis kelamin khususnya siswa perempuan, dalam pembelajaran. Guru juga harus memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk mengembangkan keaktifan dan kreatifitasnya dalam pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: motivasi berpartisipasi, persepsi gaya mengajar dan jenis kelamin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Djoko SoepriantoNIM111214253025
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 14 Apr 2021 14:39
Last Modified: 14 Apr 2021 14:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105574
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item