Ana Karunia (2014) Pengaruh Psikoedukasi Tentang Pengetahuan Adhd Terhadap Kemampuan Guru Dalam Melakukan Deteksi Dini Masalah Adhd Pada Siswa Dan Keterampilan Intervensi Kelas Di Sekolah Dasar X. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf Download (688kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (599kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (592kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (612kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (597kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (612kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap kemampuan guru dalam melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan keterampilan intervensi kelas. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan dua kelompok subjek, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah 18 orang guru SD Santo Carolus Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Evaluasi Kemampuan Deteksi Dini ADHD dan Evaluasi Keterampilan Intervensi Kelas. Analisis data menggunakan independent sample T-Test dengan bantuan program SPSS 16 for windows untuk mengetahui perbedaan dua buah mean pada dua kelompok sampel yang independen. Hasil penelitian ini adalah psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa (0,000 ≤ 0,05). Penelitian ini juga membuktikan bahwa psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan guru melakukan intervensi kelas (0,000 ≤ 0,05). Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah isi psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD yang menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan tentang ADHD, peningkatan kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD, dan peningkatkan keterampilan intervensi kelas terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan intervensi kelas guru sekolah dasar X.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Psikoedukasi, Pengetahuan Tentang ADHD, Deteksi Dini ADHD, Keterampilan Intervensi Kelas, Guru Sekolah Dasar | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2021 06:53 | ||||||
Last Modified: | 21 Apr 2021 12:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105844 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |