Peningkatan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Play)

Lely Rachmawaty (2014) Peningkatan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Play). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (747kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (704kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (715kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (753kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (861kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (704kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode bermain peran pada anak usia dini, menjelaskan kemampuan berbahasa pada anak usia dini serta menganalisis peningkatan kemampuan bahasa pada anak usia dini melalui bermain peran. Penelitian ini memakai desain pre-eksperimen dengan model non-randomized pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelompok A di TK Al Hikmah Surabaya yang berjumlah 20 anak dan sampel diambil 10 anak kelas ekperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non random. Untuk mengetahui adanya pengaruh metode bermain peran dalam peningkatan bahasa anak, digunakan uji validitas alat ukur dan uji validitas kemampuan bahasa anak menggunakan metode Content Validity Ratio (CVR). Hasil uji validitas alat ukur menunjukkan bahwa alat ukur bermain peran yang digunakan memiliki validitas yang baik dengan nilai CVR berada di antara -1,00 sampai + 1,00, dengan demikian dapat dikatakan bahwa alat ukur bermain peran dapat digunakan sebagai alat untuk menggali data. Hasil uji validitas kemampuan bahasa anak juga menunjukkan bahwa nilai kemampuan bahasa anak memiliki validitas yang baik dengan nilai CVR di antara -1,00 sampai +1,00. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penilaian terhadap kemampuan bahasa anak dari kedua panelis dapat dikatakan objektif dan hasil penilaian tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk menggali data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif menggunakan uji paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode role play dengan menggunakan alat-alat bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak, yang dapat dilihat dari peningkatan hasil pre test ke post test, di mana hasil pre test menunjukkan nilai rata-rata kemampuan bahasa anak sebesar 98,80 dan hasil post test sebesar 181,70. Metode ini bisa menjadi salah satu jembatan agar anak mampu berinteraksi dengan lingkungan serta mempengaruhi kemampuan anak dalam belajar, terutama dalam belajar bahasa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Role Play, Anak Usia Dini, Bahasa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Lely RachmawatyUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno Suminar, -NIDN0013036606
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:50
Last Modified: 21 Apr 2021 15:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105940
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item