Sofi Fitria Hidayah (2013) Perbedaan Tingkat Teacher Efficacy Ditinjau Dari Status Sertifikasi Pada Guru Sekolah Menengah Atas Di Tuban. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (702kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (597kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAKSI.pdf Download (609kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (721kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 26 April 2024. Download (690kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 April 2024. Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 April 2024. Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (583kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 April 2024. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat teacher efficacy ditinjau dari status sertifikasi pada guru Sekolah Menengah Atas di Tuban. Teacher Efficacy adalah tingkat kepercayaan diri yang dimiliki oleh guru terhadap kemampuannya untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan dikarakteristikkan oleh dua dimensi utama, yaitu General Teaching Efficacy dan Personal Teaching Efficacy. Sedangkan status sertifikasi adalah keadaan seorang guru yang belum diberikan sertifikat pendidik (belum disertifikasi) atau sudah diberikan sertifikat pendidik (sudah disertifikasi). Penelitian yang dilakukan pada guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten ini diikuti oleh 86 responden. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa skala teacher efficacy (41 aitem valid) dan data status sertifikasi guru yang harus diisi oleh subyek dalam kuisioner. Kuisioner ini diujicobakan terlebih dahulu kepada 35 orang guru SMA. Reliabilitas skala teacher efficacy adalah 0,948 yang berarti alat ukur ini reliabel digunakan dalam penelitian ini. Kedua kelompok subyek (belum disertifikasi dan sudah disertifikasi) diberikan alat ukur teacher efficacy kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik parametric Independent T-test dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan teacher efficacy antara kelompok yang belum disertifikasi dan kelompok sudah disertifikasi. Nilai taraf signifikansinya adalah 0,002 yaitu lebih kecil dari 0,05 sehingga ada perbedaan signifikan secara statistik. Besar nilai etasquared adalah 0,10397 yang berarti effect size perbedaan yang ditimbulkan sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teacher Efficacy, Status Sertifikasi, Guru Sekolah Menengah Atas | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF173-175 Psychoanalysis |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | prasetyo adi nugroho | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2021 03:57 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2021 03:57 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106075 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |