Pengaruh Pelatihan Pendidikan Menghidupkan Nilai (Living Values Education) terhadap Peningkatan Komitmen Guru terhadap Profesi

Putu Rahayu Ujianti (2013) Pengaruh Pelatihan Pendidikan Menghidupkan Nilai (Living Values Education) terhadap Peningkatan Komitmen Guru terhadap Profesi. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (677kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (603kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (644kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, kinerja guru di Indonesia masih rendah. Kinerja guru yang rendah disebabkan karena komitmen yang kurang terhadap tugas-tugas profesinya. Komitmen adalah sekumpulan kepercayaan dan niat untuk mempertahankan profesinya. Ada 3 dimensi komitmen menurut Meyer dan Allen (1990,1993,2002), yaitu komitmen normatif, komitmen afektif dan komitmen berkelanjutan. Guru yang berkomitmen memiliki nilai-nilai yang selaras dengan nilai-nilai yang diemban profesinya. Pelatihan Pendidikan Menghidupkan Nilai (Living Values Education/LVE) bertujuan untuk membangun kesadaran nilai lewat penggalian nilai-nilai pribadi pendidik. Penelitian ini melibatkan guru SD yang masih berstatus guru tidak tetap sebagai subyek penelitian, dengan desain one group pre test post test, para subyek diukur komitmen terhadap profesinya dengan skala komitmen, sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu pelatihan LVE. Nilai Cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas aitem skala adalah sebesar 0,792. Tes pengetahuan, kuesioner dan observasi adalah alat yang digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan LVE. Hasil penelitian ini adalah pelatihan Living Values Education berpengaruh dalam peningkatan komitmen guru terhadap profesi. Uji beda Wilcoxon menunjukkan hasil yang signifikan sebesar 0,002. Partisipasi aktif subyek penelitian saat perlakuan memberi sumbangan terhadap peningkatan komitmen guru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Commitment, Teacher, Living Values Education Training.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Putu Rahayu UjiantiNIM111041057
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno SuminarNIDN0013036606
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:19
Last Modified: 30 Apr 2021 06:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106447
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item