Anindya Ayu Paramitha (2013) Hubungan Pola Asuh Permissive-Indulgent dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja Awal. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (DAFTAR ISI)
1 DAFTAR ISI.pdf Download (677kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf Download (594kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
3 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (677kB) |
|
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
4 BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
5 BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
6 BAB IV LAPORAN PELAKSANAAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
7 BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (748kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan emosional pada remaja awal. Kecerdasan emosional merujuk pada kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Pola asuh permissive-indulgent adalah suatu gaya pengasuhan dimana orangtua sangat terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka dengan menetapkan sedikit batas atau kendali terhadap mereka. Penelitian ini mengacu pada teori Goleman tentang kecerdasan emosional dan teori Baumrind tentang pola asuh. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, jumlah subjek penelitian sebanyak 60 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner pola asuh dan kuesioner kecerdasan emosional. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson, dengan bantuan program statistik SPSS versi 15.0. Hasil penelitian dari data analisis korelasi Product Moment menunjukkan korelasi korelasi (r) sebesar 0,033 pada taraf signifikan 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional, permissive-indulgent, remaja awal | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 03:17 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 03:17 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106610 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |