Hubungan Pola Asuh Permissive-Indulgent dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja Awal

Anindya Ayu Paramitha (2013) Hubungan Pola Asuh Permissive-Indulgent dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja Awal. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (DAFTAR ISI)
1 DAFTAR ISI.pdf

Download (677kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (594kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
3 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (677kB)
[img] Text (BAB II LANDASAN TEORI)
4 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5 BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV LAPORAN PELAKSANAAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7 BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan emosional pada remaja awal. Kecerdasan emosional merujuk pada kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Pola asuh permissive-indulgent adalah suatu gaya pengasuhan dimana orangtua sangat terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka dengan menetapkan sedikit batas atau kendali terhadap mereka. Penelitian ini mengacu pada teori Goleman tentang kecerdasan emosional dan teori Baumrind tentang pola asuh. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, jumlah subjek penelitian sebanyak 60 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner pola asuh dan kuesioner kecerdasan emosional. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson, dengan bantuan program statistik SPSS versi 15.0. Hasil penelitian dari data analisis korelasi Product Moment menunjukkan korelasi korelasi (r) sebesar 0,033 pada taraf signifikan 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, permissive-indulgent, remaja awal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Anindya Ayu ParamithaNIM110511032
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisor-, --
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 May 2021 03:17
Last Modified: 04 May 2021 03:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item