MAS RORO ANGGRAENI (2014) KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS DALAM BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH INTERNASIONAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (149kB) |
|
Text
2. ABSTRAK .pdf Download (170kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI .pdf Download (184kB) |
|
Text
4. BAB 1 .pdf Download (134kB) |
|
Text
5. BAB 2 .pdf Restricted to Registered users only until 8 May 2024. Download (246kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3 .pdf Restricted to Registered users only until 8 May 2024. Download (385kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4 .pdf Restricted to Registered users only until 8 May 2024. Download (376kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5 .pdf Restricted to Registered users only until 8 May 2024. Download (97kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (162kB) |
Abstract
Kemampuan berbahasa Indonesia di sekolah internasional telah menjadi banyak perbincangan karena kebijakan sekolah internasional yang menggunakan bilingual dalam pembelajarannya. Sekolah Ciputra Surabaya menerapkan dan memberikan pelajaran bilingual dengan aktif di lingkungan sekolah tetapi dengan persentase yang tidak seimbang antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia seperti yang disarankan para peneliti kemampuan bahasa. Bahasa Inggris diterapkan sebagai bahasa pengantar dalam 78% jam pelajaran sedangkan bahasa Indonesia dalam 22% dari 36 jam pelajaran per minggu di sekolah. Pembelajaran bahasa Inggris pun lebih banyak (8jam) dari pada Bahasa Indonesia (3jam) per minggu. Penulis ingin mengetahui bagaimana kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia siswa sekolah internasional dengan meneliti tentang kemampuan membaca dan menulis anak usia 6-7 tahun di sekolah internasional serta bagaimana peran orangtua dalam meningkatkan kedua kemampuan berbahasa tersebut. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus agar mendapatkan gambaran yang detil tentang kemampuan membaca dan menulis subjek dalam bahasa Indonesia. Dua subjek dalam penelitian ini menunjukkan kemampuan membaca dan menulis serta kebiasaan membaca dan menulis yang berbeda di rumah. Dari data yang didapat dan dianalisa menggunakan analisa isi deduktif, hasil yang diperoleh adalah bahwa orangtua sangat berperan dalam mendukung kemampuan membaca dan menulis siswa di sekolah. Kata kunci: kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia, anak usia 6-7 tahun, sekolah internasional
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia, anak usia 6-7 tahun, sekolah internasional | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Agung BK | ||||||
Date Deposited: | 08 May 2021 04:00 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2021 04:00 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106969 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |