Yosi Arinda Alifia (2021) Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Paud Di Khoiru Ummah Homeschooling Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (518kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 13 August 2024. Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 13 August 2024. Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 13 August 2024. Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 13 August 2024. Download (19kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
Text (EMBARGO)
10. EMBARGO.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (KESEDIAAN PUBLIKASI)
11. KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan bahasa Indonesia anak PAUD di Khoiru Ummah Homeschooling Sidoarjo menjelaskan penguasaan kosakata selama masa pandemi covid. Tujuan penelitian menjelaskan penguasan kosakata bahasa Indonesia yang dikuasai anak PAUD pada jenis kata benda dan kata kerja dan jenis kata tunggal dan majemuk. Rumah menjadi lingkungan belajar yang wajib saat proses belajar di rumah pada masa pandemi ini. Kemampuan metalinguistik anak berkembang pesat di masa PAUD terutama aspek fonologi, morfemik, sintaksi dan pragmatik. Anak-anak prasekolah mampu mengucapkan fonem-fonem bahasa ibunya dengan lebih akurat, mengamati arti kata-kata yang diucapkan orang dewasa dan menggunakan kosakata lebih banyak. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diambil berupa kosakata tematik yang sesuai dengan rencana pembelajaran di masa pandemi covid yaitu di sekitar rumah dan penguasaan kosakata baru yang dipengaruhi masa pandemi. Pengembangkan berbahasa anak PAUD adalah mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana dan tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan berbahasa Indonesia. Anak PAUD mengembangkan kecerdasan linguistik dengan penggunaan bahasa baik bahasa ibu maupun bahasa asing dalam percakapan sehari-harinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS.BI.71-21 Ali p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | perkembangan bahasa anak, PAUD, pandemi covid-19 | ||||||
Subjects: | P Language and Literature P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Jadik jdkyanto Wijayanto | ||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2021 07:47 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2022 06:41 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/109348 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |