HAK PEMBERIAN INFORMASI HALAL ATAS PRODUK PANGAN DARI RESTORAN KEPADA KONSUMEN

RENALDI ADI SOERYA, 031011047 (2014) HAK PEMBERIAN INFORMASI HALAL ATAS PRODUK PANGAN DARI RESTORAN KEPADA KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-soeryarena-35756-6.abstr-k.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH. 17-15 Soe h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada dasarnya para pelaku usaha memegang prinsip ekonomi meraih keuntungan yang sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya. Prinsip ini sangat potensial merugikan kepentingan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung. Konsumen menjadi korban dari kegiatan perdagangan untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya oleh pelaku usaha dengan melalui kiat promosi, cara penjualan, serta penerapan perjanjian standar yang merugikan konsumen. Rendahnya tingkat kesadaran dan pendidikan hukum menambah lemahnya posisi konsumen. Sebagaimana atas hak-hak konsumen sering diabaikan oleh pelaku usaha dalam hak untuk mendapatkan informasi mengenai kehalalan dari barang dan jasa yang akan dikonsumsi oleh konsumen muslim. Sebagaimana contoh, masih banyak pelaku usaha restoran yang tidak memberikan informasi yang baik dan benar kepada konsumen mengenai bahan baku dan proses produksi makanannya. Dari kenyataan yang ada, masih banyak konsumen yang tidak mendapatkan informasi mengenai makanan dan minuman yang buat oleh pihak restoran. Dari sini kita dapat melihat bahwa masyarakatsebagai konsumen kurang mendapat perlindungan. Oleh karena itu menurut penulis konsumen sangat perlu mendapat perlindungan mengenai kebenaran dari sebuah informasi halal atas produk pangan dari restoran yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 17/15 Soe h
Uncontrolled Keywords: HALAL; RESTAURANT; CONSUMER
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3926-3935 Food processing industries
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RENALDI ADI SOERYA, 031011047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGIANTO AL IMRON, S.H,M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Feb 2015 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 03:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12537
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item