Wacana Persuasif Pidato Jokowi Pada Kampanye Pilpres 2014: Analisis Wacana Kritis

REZA SHILVI ANGGIT TRISFISETYA (2015) Wacana Persuasif Pidato Jokowi Pada Kampanye Pilpres 2014: Analisis Wacana Kritis. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Cover)
1. COVER.pdf

Download (429kB)
[img] Text (Abstrak)
2. ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text (Daftar Isi)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text (Bab II Gambaran Umum Objek Penelitian)
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III Analisis Data)
6. BAB III ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV Penutup)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (279kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Wacana Persuasif Pidato Jokowi pada Kampanye PILPRES 2014: Analisis Wacana Kritis” bertujuan mendeskripsikan wacana yang dibangun Jokowi dalam pidato kampanyenya untuk mendapatkan dukungan masyarakat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini sesuai dengan tiga dimensi analisis teori Van Dijk yaitu tekstual, kognisi sosial dan analisis sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data diambil dari Youtube dengan menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan pidato Jokowi tidak semata-mata dibentuk oleh dirinya sendiri namun terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya untuk menampilkan citra positif Jokowi, guna mempersuasi masyarakat pada saat kampanye. Faktor tersebut dimulai dari tim konsultan kampanye Jokowi, tim sukses penyusun pidato hingga kekuasaan yang ditunjukkan oleh partai politiknya untuk menguasai media dan menarik perhatian masyarakat kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. BI. 45/15 Tri w
Uncontrolled Keywords: SPEECH; POLITICAL CAMPAIGNS
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
REZA SHILVI ANGGIT TRISFISETYANIM121111087
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy SugiriNIDN0008055503
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Aug 2015 12:00
Last Modified: 27 May 2020 13:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14439
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item