ALMADANI KARUNIA RAMADHANINGTYAS, 070417542 (2008) KEPUASAN PEMBACA TERHADAP BERITA PADA HALAMAN UTAMA SURAT KABAR JAWA POS DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-ramadhanin-8945-abstract-8.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text (FULLTEXT)
15154.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Halaman utama merupakan etalase sebuah surat kabar yang menyajikan berita-berita mengenai fakta atau opini penting dan dapat menarik minat sejumlah besar orang, serta bertujuan untuk membantu khalayak pembacanya mencari berita terhangat yang sedang terjadi. Berdasar fungsi tersebut, berita yang ditampilkan pada halaman utama diharapkan mampu memenuhi kebutuhan (motif) yang dicari atau diinginkan oleh pembaca. Jawa Pos sebagai surat kabar harian terbesar di Jawa Timur, halaman utamanya berisi berita utama, features dan kolom kutipan, kurs, serta sementara itu. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah tingkat kepuasan yang dicari atau diinginkan (gratifications sought) pembaca dalam membaca berita halaman utama surat kabar?; (2) bagaimanakah tingkat kepuasan nyata yang diperoleh (gratifications obtained) pembaca terhadap berita pada halaman utama surat kabar jawa Pos?; dan (3) apakah terdapat kesenjangan antara gratifications sought dengan gratifications obtained pembaca terhadap berita pada halaman utama surat kabar Jawa Pos?. Kerangka teori yang dipergunakan dalam penelitian adalah teori uses and gratifiations yang menjelaskan mengenai konsep kepuasan khalayak. Populasi penelitian adalah individu yang berlangganan harian surat kabar Jawa Pos, berusia 18-40 tahun dan merupakan warga kecamatan Rungkut wilayah Surabaya Timur. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus N = (pxq) Z2 E2 dan teknik pengambilan sampling menggunakan sampling purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat Gratifications Sought; hasil dari tingkat gratifications sought yang dicari atau diinginkan (motif) pembaca dalam membaca berita pada halaman utama surat kabar dalam tiap indikator adalah sedang dan tinggi. (2) Tingkat Gratifications Obtained, dari empat indikator kepuasan, terdapat tiga tingkat gratifications obtained (kepuasan yang diperoleh) tinggi setelah membaca berita pada halaman utama surat kabar Jawa Pos, yaitu pada kepuasan informasi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan. (3) Kesenjangan antara Gratifications Sought dan Gratifications Obtained; berdasarkan perbandingan mean skor antara indikator-indikator gratifications sought dengan mean skor indikator-indikator gratifications obtained didapatkan hasil jika berita pada halaman utama surat kabar Jawa Pos hanya mampu memuskan pembacanya dalam pemenuhan kebutuhan informasi dan integrasi serta interaksi sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis K 59 /08 Ram k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | LITERATURE IN MASS MEDIA | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dewi Rekno Ulansari | ||||||
Date Deposited: | 01 Apr 2009 12:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2017 21:43 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15154 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |