Program Membaca Lima Belas Menit (Sustained Silent Reading) Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya:studi Deskriptif Program Membaca Lima Belas Menit Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya dilihat dari dimensi produktivitas, kualitas, efisiensi, flexibilitas, keunggulan, pengembangan dan kepuasan

Ira Uffa Dwi Ratih Fijayanti (2015) Program Membaca Lima Belas Menit (Sustained Silent Reading) Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya:studi Deskriptif Program Membaca Lima Belas Menit Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya dilihat dari dimensi produktivitas, kualitas, efisiensi, flexibilitas, keunggulan, pengembangan dan kepuasan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
Binder1fijayantii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-fijayantii-38252-7.abstr-k.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (522kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (650kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III TEMUAN DATA)
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI TEORITIK)
7. BAB IV ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (627kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program membaca 15 menit dicanangkan sejak peringatan Hardiknas Tahun 2014, melalui pidato Walikota Surabaya yaitu Tri Rismaharini yang tergerak untuk menumbuhkan budaya membaca masyarakatnya yaitu dengan membaca. Program tersebut diwajibkan kepada para siswa dengan membaca secara mandiri sesuai dengan keinginan mereka tanpa adanya paksaan selama 15 sampai 20 menit. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keahlian membaca dan menulis yang menuju pada kebiasaan membaca (reading habits). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana program membaca lima belas menit dengan memahami fenomena implementasi dalam rangka pencapaian tujuan program berdasarkan tujuh dimensi dapat dilihat dari produktivitas, kualitas, efisiensi, flexibilitas, keunggulan, pengembangan, dan kepuasan. Lokasi penelitian di Kota Surabaya yaitu SDN Kaliasin III, SDN Menur Pumpungan, SDN Sememi I, SDN Petemon I, SDN Dupak I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, proses pemilihan responden dengan sampel bertahap atau Mutisatge Random Sampling dengan jumlah 95 responden siswa kelas IV dan V sekolah dasar negeri, metode pengumpulan data yaitu kuisoner, proses menganalisa data memanfaatkan software SPSS versi 20. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa program membaca lima belas menit merupakan program yang efektif untuk menumbuhkan minat membaca pada siswa dan siswi di Kota Surabaya. Dimensi produktivitas keahlian membaca, para siswa semakin ahli dalam membaca yang dilhat dari termotivasi untuk membaca sebesar (67,4%), dimensi kualitas adalah dilihat dari keramahtamahan para guru ketika melayani para siswa (94%) dan ikut menjaga ketenangan kelas (33%), dimensi efisiensi yang dilihat dari distribusi waktu estimasi ketersediaan waktu adalah 15 menit (59,5%), dimensi flexbilitas, yang dilhat dari kesesuaian program terhadap perubahan jika membaca lima belas menit pernah tidak dilakukan (74,7%), dimensi keunggulan dari adanya lomba tantangan membaca, mayoritas siswa semakin tertarik untuk membaca (95,8%), dimensi pengembangan adanya sudut baca membuat akses lebih mudah bagi para siswa untuk membaca (75,8%), dimensi kepuasan adalah mengikuti program membaca lima belas menit karena mereka senang (100%) dan mereka juga membaca diluar membaca lima belas menit karena mereka senang (92,6%). Translation: 15-minute reading program implemented since 2014 Hardiknas warning, through speech Mayor of Surabaya, Tri Rismaharini are encouraged to cultivate a culture of reading people is by reading. The program required the students to read independently in accordance with their wishes without coercion for 15 to 20 minutes. The objective of this program is to improve the skills of reading and writing which leads to the habit of reading (reading habits). This study aims to describe how the program read fifteen minutes to understand the phenomenon of implementation in order to achieve the objectives of the program based on seven dimensions can be seen from the productivity, quality, efficiency, flexibility, excellence, development, and satisfaction. The research location in the city of Surabaya, SDN Kaliasin III, SDN Menur Pumpungan, SDN Sememi I, SDN Petemon I, SDN Dupak I. This study used a descriptive quantitative approach, the process of selecting a sample of respondents with a gradual or Mutisatge Random Sampling with 95 respondents the number of fourth grade students and V public primary schools, the method of data collection that questionnaire, the process of analyzing the data utilizing SPSS software version 20. Results of the study showed that the fifteen-minute reading program is an effective program to foster interest in reading on male and female students in the city of Surabaya. Productivity dimensional reading skills, students are more proficient in reading dilhat than motivated to read by (67.4%), the dimensions of quality is seen from the hospitality of the teachers while serving the students (94%) and participate in maintaining tranquility class (33%) , the dimensions of efficiency is seen from the distribution of the estimated time of availability time is 15 minutes (59.5%), flexbilitas dimension, which dilhat of conformity program to change if read fifteen minutes've not done (74.7%), the dimensions of the advantages of the reading challenge contest, the majority of students more interested in reading (95.8%), the dimensions of the development for the reading corner make access easier for the students to read (75.8%), the dimensions of satisfaction is to follow the program read fifteen minutes as they pleased (100%) and they also read outside reading fifteen minutes as they pleased (92.6%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP. 51/15 Fij p
Uncontrolled Keywords: READING INTERESTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Ira Uffa Dwi Ratih FijayantiNIM071311623007
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo YuwinantoNIDN0026057502
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 10 Sep 2015 12:00
Last Modified: 04 May 2020 05:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item