MANAJEMEN KARIR PEKERJA SOSIAL PKBI-JATIM (Studi Kasus Pekerja Sosial PKBI-Jatim)

Amelia, Unun Rizki, NIM. 110310690 (2008) MANAJEMEN KARIR PEKERJA SOSIAL PKBI-JATIM (Studi Kasus Pekerja Sosial PKBI-Jatim). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-ameliaunun-7366-psi930-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26568.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai manajemen karir pekerja sosial PKBI-Jatim yang berkarir di PKBI sampai masa pensiun. Manajemen karir merupakan proses berkelanjutan dalam penyiapan, penerapan, dan pemantauan rencana-rencana karir yang dilakukan oleh individu yang meliputi perubahan nilai-nilai dan sikap-sikap. Pembentukan serangkaian sikap dan nilai ini dipengaruhi oleh latar belakang keluarga dan lingkungan sosial di sekitar tempat tinggal individu. Penelitian ini bertipe kualitatif deskriptif dengan paradigma fenomenologi interpretif. Paradigma fenomenologi dalam penelitian ini bermaksud menggambarkan realitas sosial sebagai bagian yang tidak lepas dari individu dan maknanya. Bagaimana dan mengapa individu mengalami sesuatu adalah yang terpenting dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian berjumlah dua orang dengan karakteristik pekerja sosial yang telah berkarir di PKBI sampai masa pensiun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi untuk lebih mengenal dunia mereka. Teknik analisis data yang digunakan adalah EPP (Empirical Phenomenological Psychological), yang dikembangkan oleh Gunnar Karlsson (1993) yang bertujuan untuk menjelaskan struktur makna sebuah fenomena. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berkarir sebagai pekerja sosial tetap memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri. Pemanfaatan kesempatan pengembangan karir dipengaruhi oleh nilai, minat dan kepribadian yang dimiliki individu yang akan menentukan jenis dan arah pengembangan karirnya. Ketidakjelasan sistem pengembangan individu dalam sebuah organisasi sosial non-pemerintah tidak semata-mata membuat anggotanya kehilangan kesetiaan. Terlepas dari beredarnya anggapan di masyarakat bahwa pekerja sosial tidak memiliki masa depan, kedua subyek penelitian ini berhasil membuktikan bahwa menjadi pekerja sosial itu adalah sebuah pilihan, bukan karena kalah bersaing di sektor bisnis. Berbagai macam aspek yang terdapat dalam diri individu bersama dengan aspek yang terdapat di lingkungan tidak pernah lepas satu sama lain dalam mempengaruhi pengelolaan karir individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 93/07 Ame m
Uncontrolled Keywords: SOCIAL PSYCHOLOGY; SOCIAL INTERACTION
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Amelia, Unun Rizki, NIM. 110310690UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Setiawan M, S.Psi., M.Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Jul 2008 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 19:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26568
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item