Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Angkutan Umum Di Surabaya (Studi Tentang Izin Trayek Angkutan Kota Di Surabaya)

Ratna Puspitasari (2015) Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Angkutan Umum Di Surabaya (Studi Tentang Izin Trayek Angkutan Kota Di Surabaya). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (805kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (818kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (572kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (644kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITIAN)
7. BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN)
8. BAB V HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PEMBAHASAN)
9. BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII PENUTUP)
10. BAB VII PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengevaluasi penyelenggaraan angkutan umum khususnya izin trayek angkutan kota di Surabaya serta faktor-faktor yang menjadi penyebab kegagalan kebijakan. Buruknya pelayanan angkutan kota di Surabaya menjadi penyebab tidak terpenuhi rasa nyaman dan jaminan keselamatan pengguna angkutan kota sehingga pengguna angkutan kota beralih pada kendaraan pribadi yang menambah kemacetan lalu lintas di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kebijakan tidak diimplementasikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Sehingga tujuan kebijakan tidak tercapai. Hal ini dapat diketahui dari jumlah angkutan kota di Surabaya pada tahun 2014 sebanyak 5.031 unit, yang memiliki izin trayek 1.889 unit atau 37,55%, sedangkan yang tidak memiliki izin trayek (tidak laik jalan) 3.142 unitatau 62,45%. Kesimpulan, kebijakan penyelenggaraan angkutan umum khususnya izin trayek di Surabaya belum efektif dan efisien, karena masih banyak angkutan kota yang beroperasi tanpa izin trayek (tidak laik jalan) 62,45%. Kebijakan ini juga tidak memenuhi kriteria kecukupan, pemerataan dan responsivitas. Karena tujuandari kebijakan tidak tercapai. Faktor-faktor yang menjadi penyebab kegagalan kebijakan adalah 1) Kepemilikan/penyenggaraan angkutan kota oleh perorangan. 2) Adanya jual-beli izin trayek yang tidak dilaporkan pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Sehingga kebijakan tidak diimplementasikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 3) adanya penyimpangan (praktek percaloan) pada uji kendaraan. 4) pengemudi bekerja berdasarkan setoran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKP. 12-15 Pus e
Uncontrolled Keywords: POLICY EVALUATION; TRANSPORTATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
Ratna PuspitasariNIM071314353003
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih SuaediNIDN0026026306
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 27 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 May 2020 04:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28698
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item