Elsa Wulan Ramadhani (2015) Representasi Kecantikan Perempuan Indonesia Pada Iklan Televisi Sariayu Trend Warna 2013 Pesisir Sentrajava Dengan Tagline The Colour Of Asia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (458kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (424kB) |
|
Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (453kB) | Request a copy |
|
Text
6, BAB III ANALISA DAN INTERPRETASI DATA.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (203kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada bagaimana representasi kecantikan perempuan Indonesia pada iklan Sariayu versi Trend Warna 2013 Pesisir Sentrajava dengan Tagline The Colour of Asia. Peneliti memilih iklan Sariayu pada versi Trend Warna 2013 Pesisir Sentrajava ini karena iklan ini menggambarkan konsep kecantikan perempuan Indonesia yang diletakan pada konteks alam dan budaya di Indonesia. Kecantikan perempuan pada iklan Sariayu ini dikaitkan pada sesuatu yang bersifat natural dengan menonjolkan keindahan alam, tetapi juga memasukan nilai-nilai budaya. Sehingga kecantikan wanita pada iklan Sariayu juga dikaitkan dengan praktek-praktek berbudaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika. Metode semiotik yang dipilih yaitu The Codes of Television dari John Fiske. Peneliti memilih beberapa elemen fisik dari iklan yang akan dimaknai, kemudian dimasukan kedalam level analisis The Codes of Television John Fiske yaitu level realitas, level representasi dan level ideology. Setelah melakukan pembacaan, peneliti menemukan representasi kecantikan dalam iklan Sariayu Trend Warna 2013 Pesisir Sentrajava yaitu Sariayu memilih budaya Jawa yang multietnis sebagai symbol kecantikan perempuan Indonesia. Walaupun menampilkan budaya Jawa, Sariayu masih tetap memilih model berkulit putih sebagai symbol kecantikan perempuan Indonesia. Kecantikan perempuan Indonesia secara alami menempatkan perempuan pada lingkungan domestik dengan kelas sosial menengah atas, namun harus dituntut menunjukan sisi feminim dengan pandai berias diri, menari dan pandai membatik. Kecantikan perempuan dalam iklan Sariayu Trend Warna 2013 ini perempuan juga ditunjukan sebagai sosok yang eksotis, sensual dan misterius
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis. K. 31/16 Ram r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Iklan Televisi, Perempuan, Kecantikan, Semiotik, Jawa | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2016 06:36 | ||||||
Last Modified: | 21 May 2020 15:50 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29780 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |