KOME PATRIA NORMA SARI, 0701107690S
(2005)
PERAN KOMUNIKASI ANTARA F&B CANTEEN DENGAN DEPARTEMEN LAIN
(Studi deskriptif tentang dampak tidak adanya komunikasi yang baik antara F&B Canteen dengan departemen lain
di Sheraton Hotel and Tower Surabaya).
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, siapapun, dimanapun kita selalu berkomunikasi. Dengan komunikasi yang baik maka apapun kendala dan masalah dapat teratasi dengan baik. Di dalam sebuah industri pariwisata komunikasi adalah jadi bagian yang sangat dominan. Demikian juga di Sheraton Hotel & Tower Surabaya, di sini penulis banyak sekali mendapatkan masalah seputar komunikasi interen antara satu departement dengan departement lain. Untuk itulah penulis melakukan observasi selama 6 bulan untuk mendapatkan kejelasan seputar masalah komunikasi.
Dalam hal ini penulis mengetengahkan masalah tentang Dampak apa yang terjadi akibat dari tidak adanya komunikasi yang baik antara F&B Canteen dan Departement lain dan bagaimana cara mengatasinya.
Metode yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif dimana semua data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Sehingga uraian-uraian atau penjelasan-penjelasan yang digunakan dengan definisi-definisi yang jelas dan dapat dimengerti oleh orang lain yaitu pembaca.
Di dalam tugas akhir ini juga dijelaskan tentang sejarah Sheraton Hotel Surabaya serta perkembangannya. Juga pembahasan tentang analisis dampak yang terjadi yaitu berkurangnya kualitas makanan yang dihasilkan, berkurangnya kuantitas makanan yang disajikan, tersendatnya pengadaan bahan dan kurang terjaminnya kualitas dari bahan yang akan digunakan dan beberapa cara untuk mengatasinya
Kesimpulan yang diambil adalah Dampak yang terjadi akibat tidak adanya komunikasi yang baik antara Canteen departemen dengan departemen lain diantaranya adalah Berkurangnya kualitas makanan yang dihasilkan, Berkurangnya kuantitas makanan yang disajikan, Tersendatnya pengadaan bahan dan kurang terjaminnya kualitas dari bahan yang akan digunakan. Cara mengatasi dampak dari tidak adanya komunikai yang baik adalah: Diadakannya pertemuan antar departement setiap hari ( briefing antar kitchen departement ), Adanya job description yang jelas, Adanya informasi yang bisa dilihat dan dibaca oleh semua pihak, Diadakannya general cleaning setiap satu tahun sekali secara bergantian, Diadakannya comunication meeting setiap hari sabtu, Diadakannya canteen comite setiap bulan
Actions (login required)
|
View Item |