PENGARUH LEADER-MEMBER EXCHANGE, INNOVATIVE WORK BEHAVIOR, DAN TURNOVER INTENTION DENGAN WORK ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT. Pelabuhan Indonesia III Kantor Pusat Surabaya)

SHANIKA ANDIARTI SOEPANGKAT, 041411223004 (2017) PENGARUH LEADER-MEMBER EXCHANGE, INNOVATIVE WORK BEHAVIOR, DAN TURNOVER INTENTION DENGAN WORK ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT. Pelabuhan Indonesia III Kantor Pusat Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.272.17 . Soe.p - ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.272.17 . Soe.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara Leader- Member Exchange (LMX) terhadap Innovative Work Behaviour dan Turnover Intention dengan Work Engagement sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan pada karyawan bagian Direktorat SDM dan Umum di perusahaan bidang kepelabuhanan. LMX didefinisikan sebagai hubungan dua arah yang dinamis antara pimpinan dan karyawan dimana pimpinan akan memperlakukan karyawan secara berbeda sesuai dengan waktu dan kemampuan yang dimiliki oleh atasan tersebut (Graen dan Cashman, 1975). LMX merupakan variabel multidimensional, memiliki tiga dimensi yaitu trust, respect, dan obligation (Graen dan Uhl-bien, 1995) yang diukur menggunakan instrumen LMX-7 dari Graen dan Uhl-bien yang dimodifikasi. Work engagement berkaitan dengan cara pandang seorang karyawan untuk termotivasi dan berhubungan dengan keadaan pemenuhan yang dikarakteristikan dengan adanya vigor, dedication, dan absorption. Sampel dalam penelitian ini mencakup 53 karywan dari 4 unit kerja. Berdasarkan pendekatan dyad dalam penelitian LMX, maka jumlah responden pada tiap subdit terdiri dari kurang lebih 2 orang atasan dengan masing-masing 3 orang bawahan langsung. Pelabuhan Indonesia III Kantor Pusat Surabaya dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara LMX dengan work engagement, pengaruh positif yang signifikan antara work engagement dengan innovative work behaviour, pengaruh negatif signifikan antara work engagement dengan turnover intention, dengan work engagement yang memediasi secara penuh antara LMX dengan innovative work behaviour dan turnover intention. Dari hasil penelitian, perusahaan disarankan untuk memperhatikan kontribusi atasan dalam pengarahan pemberian instruksi kerja serta atasan melakukan evaluasi yang jelas dengan memberikan apresiasi terhadap performa kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.272/17 Soe p
Uncontrolled Keywords: Leader-member exchange, innovative work behavior, turnover intention, work engagement.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SHANIKA ANDIARTI SOEPANGKAT, 041411223004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Ekowati, SE.,M.Si.,M.AppCom (OrgCh)., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:26
Last Modified: 17 Jan 2018 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64756
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item