PENGARUH FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KENGINAN KELUAR KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERATOR CALL CENTER PADA PT. ANGGIA ARI SURYA

YOGISUKARNO, 040510150 (2011) PENGARUH FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KENGINAN KELUAR KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERATOR CALL CENTER PADA PT. ANGGIA ARI SURYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI - gdlhub-gdl-s1-2011-sukarnoyog-12946-b30410-p.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sukarnoyog-12946-b30410-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan kerja mempunyai berbagai macam arti dan persepsi yang berbeda bagi karyawan yang berarti bahwa kepuasan kerja akan tercapai apabila karyawan merasa bahwa yang didapatkan dalam bekerja sudah memenuhi nilai yang dianggap penting. Secara garis besar penelitian ini membahas empat faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan, antara lain “equitable rewards, mentally challenging work, supportive colleague,dan supportive working condition” (Robbins, 1996) dan hubungannya dengan keinginan keluar kerja karyawan. Keinginan keluar kerja (intenion to quit) ialah pikiran untuk meninggalkan pekerjaan namun masih berupa keinginan dan belum berwujud tindakan nyata yang mengarah pada turnover. Adanya peningkatan pada level intention to quit karyawan akan mengarah pada tingkat naiknya turnover yang dapat merugikan perusahaan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan sampel yang digunakan adalah seluruh karyawan operator call center PT. Anggia Ari Surya sebanyak 50 orang. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuesioner, kemudian teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan software SPSS 12.0. Model regresi linier berganda pada penelitian ini adalah sebagai berikut : Y = 4.777 -0.238 X1 -0.220 X2 - 0.220 X3 - 0.259 X4 Berdasarkan analisis yang dilakukan dari 50 responden, diperoleh nilai signifikansi dari variabel-variabel bebas yaitu Equitable rewards (X1) sebesar 0,004, Mentally challenging work (X2) sebesar 0,028, Supportive colleague (X3) sebesar 0,011, dan Supportive working conditions (X4) sebesar 0,048. Seluruhnya lebih kecil (<) dari nilai level of significant α = 0,05. Artinya, faktor-faktor dasar kepuasan kerja yang terdiri dari Equitable rewards, Mentally challenging work, Supportive colleague dan Supportive working conditions secara bersama-sama maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap keinginan keluar kerja karyawan operator PT. Anggia Ari Surya. Selanjutnya Equitable rewards (X1) merupakan variabel faktor dasar kepuasan kerja yang berpengaruh dominan terhadap keinginan keluar kerja karyawan PT. Anggia Ari Surya, yang ditunjukkan dengan nilai standardized ceofficients atau beta weights (βI) sebesar -0,278.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 304/10 Suk p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
YOGISUKARNO, 040510150UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNURTJAHJA MOEGNI, Dra. Ec. Hj., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 03 Mar 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 02:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/702
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item