EFEKTIVITAS PROGRAM PUNDI KENCANA DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Pada PT. BANK JATIM CAPEM Puspa Agro Sidoarjo)

Aswin Suharsono, 071311133114 (2019) EFEKTIVITAS PROGRAM PUNDI KENCANA DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Pada PT. BANK JATIM CAPEM Puspa Agro Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.14 19 Suh e.pdf

Download (220kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.14 19 Suh e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis Efektivitas Program Pundi Kencana Dalam Pengembangan UMKM di PT.Bank Jatim Capem Puspa Agro Sidoarjo. Menyadari akan begitu besarnya peranan UMKM dalam peningkatan perekonomian nasional dan daerah, khususnya di Kabupaten Sidoarjo. Sudah sewajarnya program pundi kencana mendapatkan perhatian lebih besar sebagai program yang mendukung eksistensi UMKM. Terlebih lagi dalam penguatan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sidoarjo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori, konsep efektivitas, pengembangan UMKM, dan masalah-masalah yang dihadapi dalam pengembangan UMKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan total 8 informan, yang terdiri dari 7 pelaku UMKM dan 1 dari pihak internal PT Bank Jatim Capem Puspa Agro Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian, Program pundi kencana di dalam mengembangkan UMKM sudah cukup efektif. Pencapaian tujuan, dari Program Pundi Kencana Bank Jatim dapat membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya serta memberikan pendampingan bagi para pelaku UMKM yang bermasalah. Kendala yang dihadapi selama berlangsungnya program pundi kencana dalam melakukan proses pengembangan UMKM di Bank Jatim cabang Puspa Agro Sidoarjo adalah proses penyaluran kredit yang mengandung suatu risiko yaitu tidak tertagihnya pinjaman dana. Selain itu, kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM selama mengikuti Program Pundi Kencana adalah ketika melakukan proses pembayaran kredit dan apabila sudah jatuh tempo waktu pelunasan namun kondisi usaha pelaku UMKM sendang tidak berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.14/19 Suh e
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pengembangan UMKM, Program Pundi Kencana Bank Jatim CAPEM Puspa Agro Kabupaten Sidoarjo.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Aswin Suharsono, 071311133114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas Supramudyo, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 29 Apr 2019 12:01
Last Modified: 18 Dec 2019 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82108
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item