PENGGEMAR BUDAYA K-POP(Studi Mengenai Idelologi Penggemar Budaya K-pop Pada Fandom iKONIC di Kota Surabaya)

Sabila Zahra, 071511433015 (2019) PENGGEMAR BUDAYA K-POP(Studi Mengenai Idelologi Penggemar Budaya K-pop Pada Fandom iKONIC di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS S 69 19 Zah p.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL Sabila Zahra - 071511433015.pdf

Download (344kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya minat para remaja terhadap musik dan budaya k-pop. Idol grup k-pop pun seringkali hadir di Indonesia untuk menggelar konser, salah satunya boygrup iKON yang pada tahun lalu menjadi guest star di acara Closing Ceremony Asian Games (CCAG) dan dalam kesempatan tersebut membuat banyak penggemar baru yang menyukai kpop melalui iKON. Dari latar belakang tersebut fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk ideologi dari penggemar budaya k-pop khususnya pada fandom iKONIC di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif dan untuk menganalisa penelitian ini, peneliti menggunakan konsep ideologi dari teori Cultural Studies John Storey. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive, yaitu pemilihan informan yang dilakukan secara sengaja dengan memperhatikan karakteristik-karakteristik yang relevan dengan permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ideologi yang terbentuk dalam fandom iKONIC ditunjukkan dengan adanya berbagai rutinitas kegiatan fangirling baik secara individu maupun kelompok. Kegiatan fangirling secara individu dilakukan oleh informan seperti mengupdate informasi mengenai idola nya (iKON) di berbagai media sosial yang mereka miliki; mendengarkan musik k-pop; selalu memberikan dukungan kepada idolanya dalam bentuk melakukan streaming khususnya di situs media Korea, memberikan donasi dan mendukung seluruh kegiatan idolanya. Sedangkan kegiatan fangirling yang dilakukan informan secara berkelompok adalah dengan menghadiri event bersama teman-teman iKONIC, melakukan konser mini dan menonton video iKON bersama (2) Dari ideologi tersebut juga terlihat aktivitas konsumsi dari informan yang menunjukkan bahwa mereka semakin konsumtif serta cenderung ingin mengoleksi merchandise kpop, terutama pada produk iKON.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 69/19 Zah p
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Konsumsi, Budaya Populer, Fandom, Ideologi Penggemar,Cultural Studies
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Sabila Zahra, 071511433015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf.Dr.Bagong Suyanto,Drs.,M.Si., NIDN: '0006096604UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Sep 2019 08:18
Last Modified: 25 Sep 2019 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87550
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item