RACHMADANI AYU SAPUTRI, 041311233035 (2019) PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP AFFECTIVE COMMITMENTS DENGAN MEDIASI FELT OBLIGATION DAN POSITIVE MOOD. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf Download (152kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text (FULLTEXT)
B 285-19 Sap p.pdf Restricted to Registered users only until 27 September 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam organisasi yang mengandalkan manusia sebagai sumber daya, maka karyawan memiliki peran masing-masing di dalam perusahaan. Tenaga kerja perlu dibina dan dikendalikan agar tetap menjaga terlaksananya kepentingan perusahaan. Salah satu cara yang dapat ditempuh yaitu dengan mendukung kerjasama dan memberikan dukungan bagi kepentingan karyawan. Hal penting yang terkait dengan karyawan dan perusahaan, yaitu Perceived Organization Support (POS) yang tercipta dengan baik, karena dapat menciptakan perilaku karyawan yang bekerja sama dan aktif secara sukarela melakukan hal terbaik di luar tugasnya, tanpa imbalan apa pun dari perusahaan. Oleh karena itu, maka pada kesempatan ini penulis tertarik menyusun penelitian dengan judul “Pengaruh Perceived organizational support terhadap Affective commitment dengan mediasi Felt obligation dan Positive mood”. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Variabel-variabel yang diteliti meliputi Perceived organizational support, Affective commitment, Felt obligation, dan Positive mood. Sumber data berasal dari kuesioner yang disebarkan kepada sebanyak 110 responden yang merupakan karyawan PT. Nippon Paint di Gresik. Kuesioner diukur dengan Skala Likert dan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan yaitu model persamaan struktural dengan program Warp-PLS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Perceived organizational support berpengaruh positif dan signifikan (=0,278 p<0,05) terhadap Affective commitment. Perceived organizational support berpengaruh positif dan signifikan (=0,291 p<0,05) Positive mood. Felt obligation berpengaruh positif dan signifikan (=0,296 p<0,05) terhadap Affective commitment. Positive mood berpengaruh positif dan signifikan (=0,414 ; p<0,05) terhadap Affective commitment. Felt obligation memiliki peran mediasi parsial terhadap hubungan Perceived organizational support terhadap Affective commitment.Positive mood memiliki peran mediasi parsial terhadap hubungan Perceived organizational support terhadap Affective commitment.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 285/19 Sap p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Perceived organizational support, Affective commitment, Felt obligation, Positive mood | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2019 03:30 | ||||||
Last Modified: | 27 Sep 2019 03:30 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87706 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |