PENATALAKSANAAN NYERI KEPALA SEBELAH (Pian Tou Tong) PADA TITIK AKUPUNKTUR TAICHONG (LV3), SAN YIN JIAO (SP6), BAIHUI (GV20) DAN KOMBINASI HERBAL LAVENDER (Lavandula angustifolia Mill.)

DINAR PERMATASARI, 151410413024 (2019) PENATALAKSANAAN NYERI KEPALA SEBELAH (Pian Tou Tong) PADA TITIK AKUPUNKTUR TAICHONG (LV3), SAN YIN JIAO (SP6), BAIHUI (GV20) DAN KOMBINASI HERBAL LAVENDER (Lavandula angustifolia Mill.). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FV.PT 25 19 Per p ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
FV.PT 25 19 Per p DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
FV.PT 25 19 Per p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.PT 25 19 Per p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Nyeri kepala adalah salah satu gangguan yang paling umum dari sistem saraf dikepala. Rangsangan nyeri bisa disebabkan oleh adanya tekanan, traksi, displacement maupun proses kimiawi dan inflamasi terhadap nosiseptor pada struktur peka nyeri di kepala. Selain itu nyeri kepala juga dapat diakibatkan oleh faktor pikiran atau stress. Salah satu bentuk dari nyeri kepala primer adalah nyeri kepala sebelah (pian tou tong). Nyeri kepala sebelah (pian tou tong) merupakan nyeri kepala berulang dengan serangan nyeri yang berlangsung selama 4-72 jam. Nyeri yang dirasakan berupa nyeri kepala unilateral, dan kadang bilateral, sifatnya berdenyut, yang dapat disertai mual, muntah dan gangguan visual. Intensitas nyerinya sedang hingga berat. Nyeri kepala migrain juga dapat diperberat oleh aktivitas fisik. Pada kasus ini pasien mengeluhkan sering merasakan nyeri kepala yang hilang timbul sejak 5 tahun lalu. Penulis mencoba memberikan terapi dengan akupunktur dan herbal. Akupunktur yang diberikan yaitu pada titik Taichong (LV3), San yin jiao (SP6), Baihui (GV20) yang dilakukan selama 8 kali terapi. Terapi akupunktur dilakukan setiap hari selama 8 hari. Pada kasus nyeri kepala sebelah juga diberikan terapi herbal dengan menggunakan infusa lavender (Lavandula angustifolia Mill.). Terapi herbal diberikan kepada pasien dengan dosis 10 gram lavender dalam 250 ml air. Sediaan herbal tersebut diminum sekali sehari setelah terapi akupunktur selama 8 hari. Hasil studi menunjukkan adanya penurunan keluhan nyeri kepala yang dirasakan pasien. Hal ini menunjukkan bahwa penanganan nyeri kepala sebelah (pian tou tong) menggunakan terapi akupunktur pada titik Taichong (LV3), San yin jiao (SP6), Baihui (GV20) serta pemberian terapi herbal lavender (Lavandula angustifolia Mill.) dapat menguragi keluhan nyeri kepala sebelah (pian tou tong).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.PT 25/19 Per p
Uncontrolled Keywords: Nyeri Kepala Sebelah, Pian Tou Teng, Terapi Akupunktur, Terapi Herbal, Lavender.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
DINAR PERMATASARI, 151410413024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Suryani Dyah Astuti, Dra., M.Si, NIDN :'0008046902UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 10 Dec 2019 08:53
Last Modified: 10 Dec 2019 08:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item