PENGALAMAN PEMENUHAN KEBUTUHAN TIDUR PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT HAJI SURABAYA

ARGO WINOTO (2019) PENGALAMAN PEMENUHAN KEBUTUHAN TIDUR PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT HAJI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 56 19 Win p ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
TKP 56 19 Win p DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
TKP 56 19 Win p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 56 19 Win p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Fenomena terkait penderita PGK yang tidak mengalami gangguan kualitas tidur meskipun sedang menjalani hemodialisis jarang terjadi. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara mendalam terkait dengan pengalaman pasien dalam memenuhi kebutuhan tidur pasien hemodialisis yang meliputi kharakteristik tidur, penyebab gangguan tidur dan upaya yang dilakukan oleh penderita PGK untuk dapat beradaptasi dengan permasalahan pemenuhan kebutuhan tidur yang dialami selama menjalani hemodialisis. Metode: Penelitian ini adalah penelitian qualitatf dengan pendekatan fenomenologi. Jumlah partisipan adalah 14 orang yang diambil dengan cara purposive sampling. Kriteria partisipan adalah pasien hemodialisis yang dapat memenuhi kebutuhan tidurnya yang ditandai dengan skala ukur Pitsburg Sleep Quality Indeks (PSQI ≤ 5). Partisipan direkam saat wawancara mendalam terkait pengalaman hidup mereka sehari-hari dengan menggunakan pedoman semi-struktur. Proses analisa data pada penelitian ini menggunakan metode Colaizzi. Hasil dan Analisis: Hasil penelitian diperoleh 4 tema yaitu (1) Deskripsi aktivitas tidur pada pasien HD, (2) Pengaruh dari perubahan aktivitas tidur pasien HD, (3) Penyesuaian diri, (4) Dukungan sosial. Kesimpulan: Gangguan tidur sering terjadi pada pasien hemodialisis, namun permsalahan tersebut dapat diatasi ketika dapat melakukan penyesuaian terhadap sumber permaslahannya. Upaya yang dilakukan untuk mengatasinya melalui kombinasi berbagai pendekatan yaitu fisik, psikologis dan spiritual, namun yang paling dominan dilakukan oleh partisipan adalah pendekatan spiritual dalam mengatasi permasalahan tidurnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 56/19 Win p
Uncontrolled Keywords: hemodialisis, dukungan sosial, karakteristik tidur, penyesuaian diri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ARGO WINOTONIM131714153058
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusnantoNIDN0029086803
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2019 08:05
Last Modified: 19 Dec 2019 08:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92908
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item